Babinsa Koramil 1419-02/Enrekang bersama Babinkamtibmas Melaksanakan Sosialisasi Penggunaan POC

Dilihat 0 kali 10/21/2020


ENREKANG - Babinsa Koramil 1419-02/Enrekang Sertu Safruddin bersama Babinkamtibmas melaksanakan Sosialisasi Penggunaan Pupuk Organik Cair (POC) kepada Para Petani Kelurahan Tuara bertempat di Kantor Kelurahan Tuara, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang. Rabu (21/10/2020).

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kelurahan Tuara Abd. Razak, Babinkamtibmas Briptu Ahmad Nur, Ketua Kelompok Tani Se Kel. Tuara Jamal yang juga bertindak sebagai pemateri.

Hal ini, menurut Babinsa Koramil 1419-02/Enrekang Sertu Safruddin demi mendukung program pemerintah yaitu menjaga ketahanan pangan.

Sosialisasi penggunaan pupuk organik cair ini sebagai upaya untuk menyelamatkan lahan pertanian akibat banyaknya penggunaan pupuk berbahan pestisida (pupuk non norganik) oleh petani yang merusak komposisi tanah.

TNI bersama Polres dan Pemerintah Kel. Tuara berkoordinasi memberikan sosialisasi penggunaan POC guna mengembalikan kesuburan tanah sehingga para petani bisa meningkatkan hasil panen petani, dengan tidak mengurangi tingkat kesuburan tanah.

Ketua Kelompok Tani Kel. Tuara Jamal mengungkapkan, "Tidak dapat dipungkiri, para petani umumnya lebih sering menggunakan pupuk anorganik dibandingkan dengan pupuk organik. Menurut mereka, penggunaan pupuk anorganik lebih praktis dari pupuk organik. Selain itu, hasilnya juga lebih cepat dilihat."

"Para petani sangat bergantung dengan pupuk organik. Pada saat ketersediaan pupuk anorganik sulit di temukan di pasar, harganyapun menjadi mahal, Namu tetapi mereka terpaksa membelinya karena sudah terbiasa dengan pupuk tersebut."

"Kondisi seperti ini akan sangat memberatkan beban petani.
Karena itu, diperlukan sosialisasi yang berkesinambungan untuk memperkenalkan petani tentang keunggulan dan keuntungan pupuk organik dibandingkan dengan pupuk anorganik. Selain itu, harga pupuk organik di pasaran biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga pupuk anorganik. Karena itu, penggunaan pupuk organik dapat menekan biaya operasional dan juga meningkatkan hasil panennya." Ujar Jamal

Sertu Safruddin mengatakan, “Dengan adanya Pupuk Organik Cair (POC) ini di harapkan kepada petani betul betul dimanfaatkan, Setelah sekian lama penggunaan pupuk kimia digunakan, maka kesuburan lahan harus segera dikembalikan yaitu dengan menggunakan POC” (Yga)

Editor: A2W.

Suaratipikor.com adalah sebuah situs berita yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru, yang mencakup politik, pendidikan, kriminal dalam dan luar negeri.

Related Posts

Previous
Next Post »