Hari Guru Nasional 2020.: Mutu pendidikan Sistem Virtual tidak boleh kalah dengan Klasikal

Dilihat 0 kali 11/25/2020


MAKASSAR - Pemerintah Indonesia telah menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional ((HGN) berdasarkan Keputusan  Presiden ( Kepres. ) No. 78 Tahun 1994 bertepatan dengan penetapan berdirinya organisasi. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sebafgai wadah orwganisasi yang menaungi profesi guru. 

Guru sebagai profesional adalah sebuah pekerjaan yang sangat mulia sehingga perlu mendapatkan perhatian  penuh dari semua pihak , khususnya pemerintah agar para guru dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik khususnya dalam mewujudkan tujuan nasional mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Maju mundurnya sebuah bangsa sangat ditentukan  oleh kualitas SDMnya , yang menjadi pelaku- pelaku pembangunan dalam mewujjudkan kesejahteraan rakyat dan meningkatkan kejayaan bangsa menjadi setara dengan bangsa-bangsa maju dan modern lainnya di dunia.  Keunggulan SDM ini tidak lepas dari sentuhan profesional guru dalam mendidik, mengajar dan melatih (dikjartih) putra-putri bangsa sebagai generasi pelanjut yang berkualitas baik secara akademik , moralitas dan berbudaya sebagai karakter bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi nilai moral, budaya dan agama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Beberapa pameo yang sering dilekatkan pada profesi guru seperti , Guru pahlawan tanpa tanda jasa dan  Guru adalah pelita bangsa merupakan bentuk-bentuk apresiasi dan penghargaan atas profesionalitas guru dalam melaksanakan tupoksinya. Ada ungkapan yang mengambarkan betapa pentingnya kedudukan profesi guru yaitu " Seorang ilmuan dapat menciptakan temuan-temuan yang hebat, tetapi seorang guru dapat menciptakan banyak ilmuan-ilmuan hebat" . Sungguh profesional guru adalah profesi yang sangat mulia. 

Dalam menjalankan tugas profesional guru , maka diperlukan upaya-upaya peningkatan kompetensi yang bersifat spesifik, berjenjang dan berkelanjutan agar profesionalitas guru terus terasah dan meningkat seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ( IPTEK) Kependidikan agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan zaman. Untuk itu menjadi tugas pemerintah dan organisasi PGRI untuk memfasilitasi para guru dalam peningkatan kompetensi profesional guru dengan membuka kesempatan yang sebesar-besarnya bagi para guru agar dapat memperoleh bantuan-bantuan operasional seperti program beasiswa untuk studi lanjut, bantuan pendidikan untuk diklat, workshop dan bimtek yang bertalian dengan kompetensi guru. Tentunya hal ini tidaklah mudah, namun dengan perencanaan yang matang dan tepat sasaran maka secara perlahan akan dapat diterapkan berdasarkan skala-skala prioritas. 

Hari Guru Nasional tahun 2020 kali ini bertepatan dengan situasi dimana pandemi covid-19 masih meraja lela. Dengan sangat terpaksa penyelenggaraan pendidikan .yang selama ini dilakukan secara klasikal harus diganti dengan pendidikan yang dilakukan secara virtual. Tentu bukanlah hal. yang .mudah bagi para guru dalam melaksanakan tupoksi utamanya dalam dikjartih agar mutu pendidikan yang dilaksanakannya tetap berkualitas sama dengan pendidikan yang dilaksanakan secara klasikal.  

Namun sebagai guru profesional tentunya diharapkan mampu melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan upaya  dan tindakan kreatif sehingga Kegiatan Belajar  Mengajar (KBM) dapat berjalan lancar dan baik dan memberi jaminan dan kepastian mutu pendidikan yang tidak kalah dengan cara klasikal sembari menunggu situasi pandemi covid-19 membaik dan KBM. klasikal dapat dilakukan kembali. 

Dalam situasi pandemi covid-19 ini , profesionalitas guru sedang di uji , apakah seorang guru akan tetap mampu mengajar dengan baik agar memenuhi standar proses, standar nilai dan standar dampak yang diharapkan sebagai mana yang menjadi tuntutan kurikulum pembelajaran ataukah hanya sekedar menjalankan KBM tanpa beban dan tanggung jawab terhadap mutu pendidikan yang diselenggarakannya.  Para orang tua dan masyarakat sangat berharap agar mutu penyelenggaraan pendidikan virtual ini sama baiknya dengan cara klasikal. 

Wahai guru bangsa sungguh engkau pahlawan tanpa tanda jasa, engkau adalah pelita bangsa disituasi pandemi covid-19 ini kiprah dan profesionalitasmu kami nantikan agar putra-putri kami tetap mendapatkan pendidikan yang berkualitas. 

Selamat Hari Guru Nasional, Jayalah selalu untuk bangsa dan negara.Kehadiranmu selalu dinantikan, kehilanganmu selalu di rindukan dan ilmumu selalu diburu. 

Penulis; Dr. dr. Ampera, P, S.Ked, MH.
Editor: Asdar Bintang Top.

Suaratipikor.com adalah sebuah situs berita yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru, yang mencakup politik, pendidikan, kriminal dalam dan luar negeri.

Related Posts

Previous
Next Post »