Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

SMP Negeri 4 Sungguminasa, Gowa Gelar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Membangun Bakat Mencerdaskan Anak Didik Bangsa GOWA, SUARATIPIKOR.COM - SMP Negeri  4  Sungguminasa, Gowa, menggelar Karya  Proyek Penguatan...

Membangun Bakat Mencerdaskan Anak Didik Bangsa


GOWA, SUARATIPIKOR.COM - SMP Negeri  4  Sungguminasa, Gowa, menggelar Karya  Proyek Penguatan  Profil Pelajar Pancasila atau di singkat (P 5) dengan mengusung thema "Market Day.kearifan lokal", Sabtu, (30/09/2023).

Sebagai sekolah penggerak SMP Negeri 4 Sungguminasa, Gowa  termasuk sekolah yang aktif sejak kurikulum Merdeka di terapkan di sekolah ini. Hampir setiap bulan ada kegiatan di sekolah ini. kurikulum merdeka hampir merata penerapannya termasuk Merdeka mengajar.

Karya  Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini merupakan bagian kurikulum Merdeka yang membangun bakat anak  dari karya  mendaur ulang sampah plastik menjadi karya seni  bernilai jual  dengan berbagai  macam jenisnya yang perlu di kembangkan sebagai karya yang bermanfaat.

Semua ini perlu di adakan kegiatan yang berkelanjutan, dengan adanya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang  di gelar di SMP Negeri 4 Sunggguminasa, Gowa sebagai salah satu  program dari sekolah penggerak.

H. Zainal, S.Pd, M.Pd selaku  Kepala SMP Negeri 4 Sungguminasa, Gowa  menjelaskan, pihaknya selalu siap  mengembangkan program-program dari dinas terkait dan gelar hasil karya siswa ini akan terus di tingkatkan dengan terus menggali potensi bakat dan minat yang di miliki masing-masing  siswa secara berkelanjutan.

"Gelaran P5 ini dimeriahkan dengan beberapa tarian dari siswa dan olah vokal dari beberapa siswa bahkan gurupun ikut menyumbangkan suara emasnya, orang tua siswapun tampak  hadir untuk mensupport anaknya yang ikut memamerkan keahlian masing masing siswa," kata Zainal.


Ia menambahkan, gelar karya yang di tampilkan ini sebagai wujud Interpreneur bagi siswa. "Kami berharap kedepannya dengan bakat yang dia miliki baik itu mengelolah kuliner atau bakat pentas seni dan budaya, siswa bisa mandiri,

Lanjut Zainal, implementasi P5 melalui kegiatan market Day membangun bakat mencerdaskan bangsa. Menyinggung Profil Pelajar Pancasila atau yang kita kenal dengan sebutan (P5). Berdasarkan Permendikbud Ristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kurikuler berbasis projek yang dirancang menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar di sekolah yang mana pendidikan sosial dan finansial dalam membangun bakat mencerdaskan bangsa

(PSF) sangat penting dilakukan untuk menyiapkan peserta didik agar memiliki kompetensi yang dibutuhkan.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran Intrakurikuler yang di maksud beragam, di mana kontennya akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.  

Kemudian P5 dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar pancasila melatih siswa mandiri, melatih siswa percaya diri, melatih kemampuan siswa dalam berinteraksi dengan sesama, melatih siswa untuk jujur serta melatih siswa untuk unggul dan produktif.

Laporan: Sabaruddin 

Tidak ada komentar