Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

IHT Pengembangan Model Pembelajaran di Laksanakan Oleh SMAN 1 Soppeng, Ini Tujuannya...

Reporter : A.Adhy, Editor : Andi Aswin Maramat. SUARATIPIKOR.COM,SOPPENG - In house Training (IHT) Pengembangan Model pembelajaran yan...


Reporter : A.Adhy,
Editor : Andi Aswin Maramat.

SUARATIPIKOR.COM,SOPPENG - In house Training (IHT) Pengembangan Model pembelajaran yang di laksanakan oleh SMAN 1 Soppeng bertujuan agar mampu menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi Utuh dalam pembelajaran shg menghasilkan lulusan yang kompetitif, inovatif, kreatif, kolaboratif serta berkarakter, dengan orientasi pembelajaran abad ke-21dan. menyongsong era digital.
Pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013 sebagai kegiatan inti dari proses pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk kualitas peserta didik.  Pengubahan paradigma mendasar perlu dilakukan untuk memperbaiki sistem pembelajaran di sekolah yang selama ini terbentuk. 

Guru hakikatnya berperan sangat penting dalam kehidupan yakni memikul tanggungjawab kemanusiaan khususnya berkaitan dengan mengantarkan pendidikan generasi bangsa menuju gerbang pencerahan dalam melepaskan diri dari belenggu kebodohan. 

Betapa berat tugas dan kewajiban yang harus diemban oleh seorang guru sehingga menuntut profesionalitas tinggi dalam proses pembelajaran. Melalui kompetensi profesionalnya, guru harus mampu mewujudkan langkah-langkah pembelajaran inovatif dan kreatif, sehingga proses belajar mengajar dapat bermakna serta transfer of knowledge dan transfer of value dapat dengan mudah tersampaikan.(Sabtu 20 Juli 2019) 

Menjadi seorang guru berdasarkan tuntutan pekerjaan adalah suatu perbuatan yang mudah, tetapi menjadi guru berdasarkan panggilan jiwa atau tuntutan hati nurani adalah tidak mudah, karena kepadanya lebih banyak dituntut suatu pengabdian karena panggilan jiwa merasakan jiwanya lebih dekat dengan anak didiknya. 

Oleh karena itu, wajar bila dikatakan bahwa guru adalah cerminan pribadi yang mulia. Figure guru yang mulia merupakan sosok guru yang dengan rela hati menyisihkan waktunya demi kepentingan anak didik, demi membimbing anak didik, mendengarkan keluhan anak didik, menasehati anak didik, membantu kesulitan anak didik yang bisa menghambat aktivitas belajarnya. Untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut, maka buku ini disusun berdasarkan berbagai prinsip pembelajaran sebagai pijakan dalam upaya pengembangannya.

Naharuddin.S.Pd M.Pd menyampaikan bahwa Model pembelajaran harus berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan, teori psikologis, sosiologis, psikiatri, analisis sistem atau teori-teori lainnya. 

Peran penting dari sebuah model pembelajaran adalah suatu rencana yang digunakan untuk membentuk kurikulum dan pembelajaran jangka panjang, merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, sehingga nantinya dapat dijadikan pola pilihan bagi para guru dalam memilih model pembelajaran yang sesuai, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran.

In House Training yang berlangsung sehari ini dipandu narasumber Dr Andi Budiarman, M. Pd, widyaswara Dinas Pendidikan Provinsi Sul-sel. dan diikuti 56 guru SMAN 1Soppeng. (*)

Tidak ada komentar