Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Penghargaan Anugerah Gatra 2019 Diterima Gubernur Sulsel

BOGOR, Suaratipikor.com  -- Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah menerima penghargaan Anugerah Gatra 2019 Inovasi ...


BOGOR, Suaratipikor.com -- Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah menerima penghargaan Anugerah Gatra 2019 Inovasi Pembangunan untuk Indonesia Maju di IPB Convention Center, Bogor, Jawa Barat pada Ahad, 1 Desember 2019.

Sulawesi Selatan di bawah kepemimpinan Gubernur Nurdin Abdullah, menerima Anugerah Gatra 2019 untuk kategori Infrastruktur sebagai Daerah paling Massif Membangun dengan Skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Utama Majalah Gatra, Hendri Firzani.

Prof NA, sapaan akrab Gunernur Nurdin Abdullah, dalam serahun berhasil membangun infrastruktur penghubung di  berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Khusus nya pembangunan jalur kereta api Makassar-Parepare yang menggunakan skema KPBU yang saat ini proses pembebasan lahannya tengah dirampungkan.

Sejumlah pembangunan jalan, jembatan, dan bandara dipastikan rampung pada 2020. Bahkan, akses jalan di Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara yang tak tersentuh pembangunan selama 74 tahun berhasil dilalui kendaraan roda empat pada Sepetember 2019. Kado manis bagi satu tahun kepemimpinan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman.

Bergeser 231 kilometer ke Kabupaten Tana Toraja, sebuah Bandar Udara mulai dibangun untuk mendukung pariwisata di Sulawesi Selatan. Pada Desember 2019, pesawat ATR72  dipastikan dapat mendarat di Bandara Buntu Kunik Tana Toraja.

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan juga dilaksanakan di daerah lain. Antara lain perpanjangan landasan Bandar Udara Lagiligo Bua, Luwu, pembangunan jalur Pangkep-Bone melalui Tonasa Parigi, akses jalan dua jalur dengan empat lajur Bua menuju Rantepao, jalan pintas dari Larompong menuju kabupaten Luwu, serta jalan di desa Munte menuju Kapita Kabupaten Luwu Utara. 

Konektivitas adalah kata kunci yang terlihat dari massifnya pembangunan infrastruktur di Sulawesi Selatan. Pembukaan akses jalan adalah upaya membangkitkan sektor Pariwisata Sulsel serta membuka jalur ekonomi masyarakat di daerah yang masih terisolir.

Dalam satu tahun, upaya menunjang sektor pariwisata telah terlihat dengan dilakukan dengan pembangunan kawasan pedestrian di kawasan Pantai Bira, Bara, dan Mandala Ria, dan pembangunan fasilitas Rest Area bertaraf internasional. 

Usai menerima penghargaan, Nurdin Abdullah menekankan pentingnya melakukan sinergitas dan kolaborasi antara pemerinta pusat, provinsi, hingga pemerintah kabupaten.

"Kalau kita melakukan sinergi, bisa ringan pekerjaan dan bisa cepat pekerjaan kebutuhan infarstruktur untuk dinikmati bersama,"jelas Nurdin Abdullah dalam wawancara bersama media.

Penerima Bung Hatta Award ini mengatakan, progres pembangunan nasional yakni bendungan, jalur kereta api dan jalan nasional di Sulsel saat ini tengah dalam proses.

"Khusus untuk jalur kereta api Makassar-Parepare diharapkan rampung pada 2021, sehingga konektivitas kedua daerah bisa terbuka," sebutnya.

Direktur Utama Gatra, Hendri Firzani mengatakan, pemberian anugerah kepada para tokoh  diberikan atas dasar besarnya perubahan baik yang terjadi di bidang infrastruktur dan reformasi birokrasi dalam lima tahun terakhir.

"Kita bisa merasakan langsung pelayanan yang lebih mudah, cepat dan akuntabel yang tidak hanya terjadi di pusat, tapi juga terjadi di daerah bahkan hingga di level desa," sebut Hendri Firzani dalam sambutannya.

"Hal ini mejadi dasar bagi kami untuk memberikan anugerah kepada pra tokoh yang ikut mendorong dan menjadi bagian dari perubahan baik tersebut," sebut Hendri Firzani.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito, Gubernur Sumatera Barat,  Prof.Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Mohamad Hasan.(Red)

Editor  : A2W.

Tidak ada komentar