Rakornas TPAKD Merupakan Komitmen Pemerintah untuk Memberikan Kemudahan pada Seluruh Rakyat Indonesia

Dilihat 0 kali 12/11/2019

JAKARTA, SUARATIPIKOR.com -- Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE menghadiri acara Rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Selasa 10 Desember 2019.
Acara ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam sambutannya Jokowi menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp 325 triliun pada tahun 2024. 

Hal itu diungkapkannya saat membuka Rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Selatan.

Jokowi mengatakan peningkatan target penyaluran KUR bagian upaya pemerintah meningkatkan literasi dan inklusi keuangan nasional yang saat ini masih belum 100.% untuk literasi hingga saat ini baru mencapai 35%, sedangkan inklusi keuangan 75%.

"Intinya kita mau ajak seluruh daerah agar bisa mendorong seluruh rakyat kita bisa akses ke keuangan," kata Jokowi, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Jokowi mengungkapkan akses keuangan yang bisa dimanfaatkan masyarakat saat ini antara lain program Mekaar dari PT PNM (Persero), di mana jumlah nasabahnya mencapai 5,9 juta orang. Selanjutnya program Bank Wakaf Mikro (BWM) yang dimanfaatkan oleh 55 pesantren diseluruh Indonesia.

Selanjutnya KUR, di mana tahun ini target penyalurannya Rp 140 triliun dan tahun 2020 sebesar Rp 190 triliun.

"Harus keluar dari perbankan kita untuk usaha kecil, target saya berikan Rp 325 triliun harus keluar untuk usaha mikro," jelasnya.

Guna meningkatkan akses masyarakat terhadap perbankan, Mantan Wali Kota Solo ini mengaku akan mendorong kemudahan akses menabung mulai dari SD, SMP, maupin SMA/SMK. Lalu, upaya lainnya juga memudahkan akses pembiayaan bagi masyarakat.

"Kita lihat tadi angka literasi keuangan masih 35%, inklusi keuangan kita masih 75%, kita masih memiliki ruang besar mendorong masyarakat agar bisa akses keuangan yang kita miliki," ungkapnya.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso (ketiga kiri) menyerahkan penghargaan TPKAD Award kepada Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (ketiga kanan) saat Rapat Koordinasi Nasional Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Silahturahmi Nasional Bank Wakaf Mikro 2019 di Jakarta, Selasa (10/12/2019). 

Rapat Koordinasi Nasional Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Silahturahmi Nasional Bank Wakaf Mikro 2019 tersebut dihadiri oleh Kepala Daerah se Indonesia, dimana Wakil Bupati Wajo hadir bersama dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin A, S.Sos., M.M.

Diwawancarai ditempat terpisah via WA Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE menyampaikan bahwa Dengan adanya TPAKD yang baru saja dikukuhkan di Kabupaten Wajo.

"Kami sangat berharap akan mengakselerasi kesempatan bagi seluruh pelaku usaha dalam memperoleh pembiayaan baik usaha _*non-bankable*_ (usaha ultra micro) yang pembiayaannya dapat diakses melalui BUMN misalnya pegadaian, maupun usaha _*bankable*_ (usaha mikro, kecil dan menengah) yang pembiayaannya dapat diakses melalui perbankan," kata H. Amran, SE.

"Hal ini tentunya sangat mendukung program prioritas Pemkab Wajo yaitu melahirkan 10.000 _entreprenuer_ di Kabupaten Wajo hingga tahun 2024," Wakil Bupati Wajo menambahkan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin A, S.Sos., M.M ketika kami konfirmasi menyampaikan bahwa,

"Rakornas TPAKD ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan kemudahan  kepada seluruh rakyat Indonesia melakukan akses keuangan dalam rangka percepatan akses berusaha," jelas H. Amiruddin A, S.Sos., M.M.

Juga disampaikan, jika akses keuangan dipermudah maka rakyat akan lebih mudah memperoleh pembiayaan terhadap usaha yang digelutinya, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan masyarakat dan tentu akan meningkat kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, tutup Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo di akhir konfirmasinya.

Sumber : Humas Pemkab Wajo,
Editor : A2W.

Suaratipikor.com adalah sebuah situs berita yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru, yang mencakup politik, pendidikan, kriminal dalam dan luar negeri.

Related Posts

Previous
Next Post »