Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Pemda Wajo Gerak Cepat Hadapi Corona

WAJO, SUARATIPIKOR.com -- Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo melakukan Gerak Cepat dalam rangka menindaklanjuti surat presiden tertanggal ...


WAJO, SUARATIPIKOR.com -- Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo melakukan Gerak Cepat dalam rangka menindaklanjuti surat presiden tertanggal 15 Maret 2020 tentang langkah langkah ekstra dalam menangani Pandemik Global Cofid 19. Pemkab Wajo langsung melaksanakan rapat kordinasi dengan forkopimda dan perguruan tinggi serta ormas. Rapat dilaksanakan di ruang rapat pimpinan Senin 16 Maret 2020.
Bapak Sekda Wajo dalam laporannya menyampaikan bahwa berikut rencana yang akan dilakukan :
1. Meliburkan PAUD/MDA,SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA, perguruan tinggi dengan melakukan aktivitas belajar di rumah masing masing mulai tgl 17 Maret s/d 2 April 2020
2. Membuat kebijakan untuk ASN agar bisa bekerja  di rumah secara online, dengan tetap mengedepankan pelayanan, kecuali OPD yang berhubungan langsung dengan masyarakat misalnya PTSP dan Rumah Sakit.
3. Meniadakan atau menunda sementara waktu segala bentuk event atau kegiatan baik indoor maupun outdoor baik yang dilaksanakan pemerintah maupun swasta yang melibatkan banyak orang sampai batas waktu yang kondusif.
4. Penilaian sekolah sehat di tunda
5 upacara hari kesadaran nasional ditiadakan untuk bulan Maret
6. Meniadakan atau menunda sementara waktu kegiatan Car Free Day
7. Setia OPD menyediakan alat pengukur suhu tubuh, termasuk hotel.
8. Mengurangi aktivitas di luar rumah yang dianggap tidak penting.
9. Menjaga kebersihan tempat tempat ibadah dan tempat tempat umum lainnya.

Bupati Wajo DR.H.Amran.S.Sos.M.Si dalam arahannya menyampaikan bahwa hasil kordinasi dengan bapak gubernur, HJW dan FASI  untuk sementara menunggu. Untuk  ASN    bisa dilakukan kerja di rumah kecuali layanan langsung seperti rumah sakit. Agar rumah sakit menyiapkan segala kebutuhan  yang terkait dengan virus. Untuk  dinas perdagangan agar melakukan pemantauan terkait kesiapan pangan. Sosialisasikan ke masyarakat untuk menyiapkan makanan makanan ekstra dirumah. Sambil memantau toko toko dan grosir jangan sampai daa yang menimbun barang.   Untuk dinas perhubungan agar menjaga wilayah wilayah perbatasan. " Marilah kita sama sama berdoa agar kita semua selalu dalam keadaan sehat wal Afiat imbuhnya diakhir arahannya.

Dandim 1406 Letkol Abd.Ghofir menyatakan  bahwa dijajaran TNI sudah diinstruksikan untuk tidak melakukan pertemuan diatas 30 orang. Akan tetapi tetap melakukan aktivitas.diharakan kepada publik servive yang lain seperti polres, damkar,dishub dan pol PP agar membantu dan harus tegas karena ini darurat. 

Kapolres Wajo AKBP Dedy Dewantho. Menyampaikan bahwa kami juga ada instruksi dari  lemdiklat Polri.  Ada panduan yang dibuat berdasarkan hasil diskusi dengan berbagai pakar dari institusi terkenal dan analisis pedoman CEac,WHO dan Kemenkes.  kita   harus siap  tapi jangan panik.  CORONAVIRUS memiliki " Infektifitas tinggi tetapi angka kematian rendah".

Penjelasan dari Dinas Kesehatan bahwa Dinkes sudah menyurati semua kapus untuk memberikan penyuluhan di daerahnya masing masing.dan tetap mengadakan pemantauan pada masyarakat terkait bila ada warga yang batuk pilek dan riwayat kontak orang yang terkena Civir 19 atau dari bepergian dari luar daerah endemik. ODP : orang dengan pemantauan kita rumahkan selama 14 hari tapi bila makin memburuk keadaannya maka harus dimasukkan dalam PDP. : Pasien dalam pengawasan. PDP ini harus dirujuk ke RS rujukan covid 19. Dalam hal ini RS Lamaddukelleng bukna termasuk RS Rujukan Covid 19. Jadi yang dari rumah PDP langsung dibawa ke RS untuk di lakukan pemeriksaan swab tenggorokan, kemudian hasilnya di bawa pusat.  Nanti pusat yang menentukan hasilnya positif atau negatif. 
Daftar rumah sakit Rujukan Covid 19
1.RSU  Wahidin Sudirohusodo Makassar
2. RSU  Andi Makkasau Pare Pare
3. RSU lakipadada Tana Toraja
4. RSU Islam Faisal Makassar
5. RSU Akademis Jaury Makassar
6. RSU Sinjai 

Penegasan bapak bupati bahwa di Wajo belum ada yang kena virus Corona. Hati hati dengan hoax yang beredar dengan gambar pakaian alat pelindung diri lengkap di RS. Itu adalah simulasi yang dilakukan di Rumah Sakit. (Hw)

Editor: Supardi.

Tidak ada komentar