” Pancasila Menyapa Negeri “ Dalam Rangka Menuju New Normal

Dilihat 0 kali 7/07/2020

KOLTIM - Komunukasi Sosial ( Komsos) adalah merupakan salah satu dari tugas pokok Bintara Pembina Desa (Babinsa).Seperti halnya yang dilakukan oleh Sertu Lareto Personel Koramil 1412-06/Mowewe yang mempunyai wilayah binaan di Desa Solewatu Kecamatan Tinondo Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).
“Pelaksanaan Komsos merupakan tugas rutin kami untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan. Selain itu juga sebagai sarana mempererat silahturahmi antara TNI dan masyarakat terutama di daerah binaan guna meningkatkan kondusifitas wilayah agar selalu aman serta dapat mengetahui segala informasi kegiatan yang ada di masyarakat.

Bertempat  dirumahnya  Kepala Desa Solewatu Muh.Arsyad, Babinsa melaksanakan kegiatan Komsos membahas tentang Program Dandim 1412/Kolaka yaitu Pancasila Menyapa Negeri  serta  rencana kedepan oleh pemerintah adanya pemberlakuan new normal.Hal inilah yang perlu disosialisasikan kepada masyarakat tentang apa itu new normal.Sehingga masyarakat nantinya tidak salah pemahaman atau penafsiran bahwa new normal itu berarti bebas dalam arti terbebas dari virus corona (Covid-19)...terangnya. 

Lanjut kata dia, mulai dari sekarang tugas kita adalah secara perlahan-lahan memberikan pemahaman kepada warga tentang apa yang dimaksud dengan penerapan new normal dalam kehidupan sehari-hari.Yaitu masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Caranya, selalu rajin mencuci tangan usai melakukan kegiatan, jaga jarak dalam melakukan komunikasi dengan orang lain, hindari kerumunan massa dan selalu pakai masker bila keluar dari rumah,sehingga dapat mencegah penyebaran virus corona dengan cepat” ujar Lareto.

Akan tetapi semua itu tidak dapat terwujud apabila masyarakat tidak memahami apalagi mengamalkan nilai nilai Pancasila. Pemahaman nilai Pancasila dinilai mampu mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan masyarakat atas kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.Pancasila hadir sebagai ruh kepribadian bangsa yang mengingatkan bahwasanya bangsa Indonesia tetap harus bekerja sama serta bersatu. Pandemi Covid-19 merupakan kewajiban bersama seluruh bangsa Indonesia agar kita mampu mengembalikan kondisi negara untuk menjalankan kehidupan bernegara kembali setelah berjuang melawan pandemi.  Kunci dalam menghadapi sebuah masalah hakikatnya adalah bersatu tanpa memandang perbedaan antargolongan...tutup babinsa. (Nhn)

Editor: A2W.

Suaratipikor.com adalah sebuah situs berita yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru, yang mencakup politik, pendidikan, kriminal dalam dan luar negeri.

Related Posts

Previous
Next Post »