Makodim 1409/Gowa Melaksanakan Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan Ke- 75 Tahun 2020

Dilihat 0 kali 11/10/2020


GOWA - Selasa tanggal 10-11-2020 pukul 08.00 wita bertempat di Lapangan Upacara Makodim 1409/Gowa Jl. Sultan Hasanuddin No. 75 Kel. Pandang-Pandang Kec. Sombaopu Kab. Gowa dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan ke-75 Tahun 2020 dengan tema "Pahlawanku Sepanjang Masa" di wilayah Kodim 1409/Gowa.
Adapun Pejabat Upacara Bendera sebagai berikut :
1. Inspektur Upacara, Dandim 1409/Gowa, Letnan Kolonel Arh Muhammad Suaib, S.Pd,. M. Tr (Han),. M.Si

2. Komandan Upacara, Danramil 1409-05/Pallangga, Kapten Inf Basri

3. Perwira Upacara, Pasipers Dim 1409/Gowa, Lettu Inf Hamzah

4. Pembaca UUD Tahun 1945, Pasandi Siintel Dim 1409/Gowa, Letda Chb Tumiran

5. Pembaca Pesan-Pesan Perjuangan, Danramil 1409-03/Bontomarannu, Kapten Inf Paulus I Made Ambarjaya

6. Pembaca Doa, Pasilog Dim 1409/Gowa, Kapten Inf Irhan

Upacara dihadiri :

- 1 Pok Perwira Staf dan Danramil sewildim 1409/Gowa, berpakaian PDU-1
- 2 SST Personel Kodim 1409/Gowa berpakaian PDP Bersenjata dan
- 1 SST PNS Dim 1409/Gowa.

Adapun Amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan Irup yang intinya :

1. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karuniaNya, pada hari ini di seluruh pelosok tanah air dan Perwakilan RI di Luar Negeri, kita dapat melaksanakan Upacara Bendera dan Mengheningkan Cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020 dengan khidmat, meskipun di tengah masa pandemi Covid ini. Tentunya dengan jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan.

2. Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu “Pahlawan Sepanjang Masa”.

3. Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti : kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia.

4. Meskipun dalam masa pandemi Covid, Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna.

5. Nilai-nilai kepahlawanan seperti : percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia.

6. Pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan. Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno yang menyatakan bahwa “…hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa laindi dunia.

7. Selamat Hari Pahlawan 2020, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatanNya kepada bangsa Indonesia. (Arm)

Editor: A2W.

Suaratipikor.com adalah sebuah situs berita yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru, yang mencakup politik, pendidikan, kriminal dalam dan luar negeri.

Related Posts

Previous
Next Post »