Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Ciptakan Ketahanan Pangan, Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Manfaatkan Lahan Kosong Disekitar Pos Untuk Berkebun

TIMIKA - Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan), Yonif 756/WMS yang berada di bawah Kolakops Korem 174/ATW membantu masya...



TIMIKA - Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan), Yonif 756/WMS yang berada di bawah Kolakops Korem 174/ATW membantu masyarakat sekitar melaksanakan kegiatan ketahanan pangan untuk mendukung Program pemerintah dengan cara berkebun memanfaatkan lahan kosong di sekitar Pos, Sabtu (09/01).
Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS, Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya prajurit untuk menciptakan ketahanan pangan di pos, sementara hasil berkebun akan dikonsumsi sendiri dan dibagikan secara gratis kepada masyarakat sekitar pos.

"Sejak awal kami masuk pos pada pertengahan September 2020, saya sudah perintahkan untuk para Danpos, agar membawa bibit tanaman dan memanfaatkan lahan yang ada disekitar pos dengan menanam tanaman produktif seperti kacang panjang, jagung, singkong, kangkung, tomat, bayam, cabe, bawang merah, pepaya dan tanaman lain yang dapat dipanen dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama," terangnya.

Disampaikan juga, untuk pos yang sudah ada kebun peninggalan pos sebelumnya, agar tanamanya dijaga dan dipelihara, apabila masih ada lahan yang kosong supaya dibersihkan dan ditanami dengan bibit yang sudah disiapkan sebelumnya. 

"Pos yang belum ada kebunnya, saya perintahkan segera manfaatkan lahan kosong yang ada untuk ditanami sayur mayur dan buah-buahan," tegas Dansatgas. 

Lebih lanjut dikatakan Dansatgas bahwa selain untuk kemandirian prajurit di pos, manfaat lain yang dirasakan yaitu akan mengurangi ketergantungan terhadap pangan dari luar. Disamping itu, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan prajurit untuk sekaligus mensosialisasikan pada masyarakat.

"Sayur mayur dan buah-buahan, memiliki nilai Gizi yang tinggi yang dalamnya terkandung vitamin, mineral serta serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit," kata Mayor Inf Marolop. 

Seperti diketahui bahwa Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS yang terdiri dari 3 SSK (Satuan Setingkat Kompi) yang melaksanakan pengamanan daerah rawan di wilayah Kabupaten Mimika, Merauke, Asmat dan Mappi, tidak semua pos yang ditempati Satgas 756/WMS memiliki penduduk, seperti contoh di Kabupaten Mimika, untuk pos MP 240, pos MP 210, pos Borovit dan pos Shop Baru yang berada di dalam area PT Freeport Indonesia (Area Tanggul Timur), tidak ada penduduk disekitarnya sehingga hasil kebun bisa dinikmati sendiri, sementara untuk pos-pos yang disekitarnya ada penduduknya, hasil dari berkebun sebagian dapat dinikmati anggota, dan sebagian dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar dengan dibagikan secara gratis. (*)

Autentifikasi 
Papen Satgas756
Editor: A2W.

Tidak ada komentar