Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Peduli dengan Pendidikan generasi muda Papua, Satgas TNI Yonif 756/WMS kembali mengajar Wasbang di SD Inpres Jita

TIMIKA - Sebagai salah satu bentuk dan wujud tanggung jawab serta rasa peduli untuk turut mendukung program pemerintah di bidang pendidikan...



TIMIKA - Sebagai salah satu bentuk dan wujud tanggung jawab serta rasa peduli untuk turut mendukung program pemerintah di bidang pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan Yonif 756/WMS pos Jita yang berada di bawah Komando Pelaksana Operasi Korem 174/ATW kembali hadir dan memberikan bekal pengetahuan tentang 
Wawasan Kebangsaan pada siswa-siswi di Sekolah Dasar Inpres Jita Distrik Jita Kabupaten Mimika.

Siswa-siswi pada jenjang Sekolah Dasar (SD) sangat penting dibekali dengan pengetahuan tentang pentingnya Wawasan Kebangsaan dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Pada usia anak-anak seperti mereka, nilai-nilai luhur Pancasila, Rasa Persatuan dan Kesatuan, Cinta Tanah Air dan Bangsa, Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara serta meletakan kepentingan Bangsa dan Negara sebagai hal yang utama diatas kepentingan pribadi dan golongan harus betul-betul ditanamkan sejak mereka masih berusia dini. Hal tersebut harus dilakukan  dengan tujuan agar dalam usia yang masih kanak-kanak, mereka sudah mempunyai bekal pengetahuan tentang rasa Cinta dan Bangga kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga dengan bekal pengetahuan tersebut, maka tidak akan mudah bagi mereka untuk terhasut dan terjerumus dalam pengaruh paham-paham radikalisme yang akan membawa kehancuran serta merusak rasa Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Namun dalam penyajiannya, pemberi pelajaran harus bisa menyesuaikan materi yang dibahas dengan kemampuan pola pikir serta kelompok usia para murid. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah para murid dalam memahami pelajaran serta mudah bagi mereka mengerti maksud dan tujuan pelajaran itu diberikan.

Hal tersebut seperti disampaikan Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea dalam rilis tertulisnya di Timika, Papua. Kamis 25/03/2021

" Pemberian materi pelajaran, memang harus disesuaikan dengan level atau tingkatan umur para peserta didik. Seperti yang dilakukan oleh para personel pos kami di Jita. Karena yang diajarkan adalah para murid Sekolah Dasar, maka cara penyampaian materipun disesuaikan dengan kemampuan berpikir dan daya tangkap para siswa. Hal tersebut dimaksudkan agar mereka akan mudah untuk mengerti, " Kata Dansatgas.

Mengingat nama-nama para Pahlawan menyanyikan lagu-lagu Perjuangan, saling menghormati antara seorang dengan yang lain adalah beberapa contoh materi yang dapat diajarkan pada mereka para siswa-siswi yang masih mengenyam Pendidikan di bangku Sekolah Dasar.

" Agar lebih mudah untuk di ingat oleh para siswa,  personel kami di pos Jita mengajarkan pada para murid untuk mengingat kembali nama-nama para Pahlawan Nasional serta Sejarah perjuangannya. Selain itu menyanyikan lagu-lagu Perjuangan adalah upaya lain yang dilakukan dalam menumbuh kembangkan semangat Kebangsaan, menanamkan Jiwa Nasionalisme yang kuat serta rela berkorban untuk kepentingan Bangsa dan Negara Indonesia, " Ungkap Mayor Marolop.

Ditambahkan pula kemampuan personel dalam menciptakan situasi kelas yang santai rileks namun tetap serius dan fokus dalam memberikan pelajaran, sangat diharapkan akan mampu membuat para murid bisa dengan mudah menerima pelajaran tersebut.

" Membuat suasana kelas menjadi santai rileks namun tetap fokus pada pelajaran merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh para personel pos Jita dalam mengupayakan para siswa agar tidak cepat bosan, tetap tenang, tetap semangat dan fokus dalam menerima pelajaran. Diharapkan, setelah menerima pelajaran ini, para murid akan semakin lebih memahami tentang nilai-nilai luhur Pancasila, Semangat Kebangsaan, saling menghargai dan menghormati perbedaan dalam keanekaragaman budaya serta menempatkat rasa Persatuan dan Kesatuan serta keselamatan bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi dan golongan, "Pungkasnya.

Serda Lukas Kwok personel pos Jita Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS yang memimpin kegiatan tersebut dan sekaligus pemberi materi pelajaran mengatakan, pemberian materi Wawasan Kebangsaan pada siswa-siswi SD Inpres Jita bertujuan untuk mencerdaskan generasi muda Papua terutama bagi masyarakat yang berada di daerah pedalaman.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Inpres Jita Ibu Juwita Marice Meryam Bieths mewakili para guru mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi serta menyambut baik kehadiran personel pos Jita di Sekolah mereka.

" Kami sangat berterima kasih dan menyambut baik kehadiran bapak-bapak TNI dari pos Jita Yonif 756/WMS di Sekolah kami. Pemberian materi Wawasan Kebangsaan pada anak-anak Sekolah Dasar memiliki nilai yang sangat strategis hal ini dalam rangka pembinaan sumber daya manusia khususnya anak-anak generasi muda untuk lebih mencintai tanah airnya. Harapan kami, semoga kegiatan baik dan positif seperti ini dapat terus dilanjutkan oleh bapak-bapak sekalian di mananpun bertugas, agar kita secara bersama sama bahu membahu menyiapkan generasi muda Papua yang handal untuk kemajuan Indonesia ke arah yang lebih baik lagi, " Harap Ibu guru Juwita. (*)

Pensatgas756,
Editor: A2W

Tidak ada komentar