Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Janjikan Lulus Seleksi Secatam TNI-AD, Pelaku Gunakan Akal Bulus Kenal Pejabat Kodam, Warga Rugi Ratusan Juta

GOWA - Seorang warga kabupaten Gowa diamankan pihak kepolisian Sektor Somba Opu Kab Gowa pasca melakukan aksi penipuan dengan modus mengenal...



GOWA - Seorang warga kabupaten Gowa diamankan pihak kepolisian Sektor Somba Opu Kab Gowa pasca melakukan aksi penipuan dengan modus mengenal pejabat Kodam XIV Hasanuddin untuk meluluskan anak korban dalam seleksi Secatam TNI-AD.

Kronologis kejadian berawal Pada Bulan Desember 2020 Per. SR bersama anak mantunya berkunjung ke rumah pelaku di salah satu perumahan di Kab Gowa kemudian dengan mengeluarkan air mata Per. SR menceritakan ketidaklulusan anaknya mengikuti seleksi Secatam TNI-AD tahun 2020 lalu dihadapan pelaku dan istrinya.

Mendengar kesedihan korban lalu pelaku NH (45) menawarkan diri membantu anak korban agar lulus seleksi Secatam TNI AD tahun 2020. Untuk meyakinkan korban lalu pelaku menyebutkan nama salah seorang pejabat di Kodam tersebut.

Bak gayung bersambut, Per. SR lalu pulang ke kampung halaman di Sapaya Kec Bungaya Kab Gowa menemui korban Lel. UH (korban) lalu  menceritakan bahwa pelaku dapat mengurus anak anak mereka menjadi anggota TNI-AD, ujar kasubag humas polres Gowa AKP. M. Tambunan saat menggelar jumpa pers dengan awak media didampingi Kanit Reskrim Polsek Somba Opu IPDA Irham  kantor Polsek Somba Opu Kamis (27/5).

Perempuan SR dan korban ini  kemudian menemui pelaku di rumahnya untuk menanyakan biaya yang harus disiapkan dalam seleksi tersebut kemudian, pelaku menjelaskan bahwa biaya pengurusan setiap calon sebesar Rp .150 Juta. 

Karena tidak sabar kemudian pelaku menghubungi korban untuk menyiapkan uang yang telah disepakati. Karena belum memiliki  dana sebesar itu lalu korban menyerahkan uang tanda jadi sebesar Rp. 20 juta selanjutnya secara bertahap menyerahkan sisa uang dengan cara tunai dan transfer ke Rekening pelaku hingga mencapai Rp. 130 juta 

Dari hasil interogasi terhadap beberapa orang saksi diantaranya istri pelaku, diduga Pr. SR juga merupakan korban penipuan yang sama dengan kerugian Rp. 147 juta namun, hal yang menimpanya belum dilaporkan secara resmi karena ingin uangnya dikembalikan oleh pelaku.

Biaya pengurusan ini digunakan pelaku untuk menikah kembali di Morowali (istri ke 4) selain itu  menggunakan uang untuk berfoya-foya dan biaya penginapan.

Mengetahui anak dari kedua korban tidak lulus seleksi selanjutnya pelaku kabur ke rumah istri yang baru dinikahinya di Kab Soppeng lalu, memutus komunikasi dengan korbannya.

Karena tertipu kemudian korban melaporkan kejadian secara resmi ke Polisi.  Unit Reskrim Polsek Somba Opu dipimpin IPDA Irham kemudian berangkat ke kab Soppeng dan berkoordinasi dengan personil Polsek Marioriawa selanjutnya  meringkus pelaku dirumah istri ke 4 pada jumat 21 Mei 2021 sekitar pukul 20.00 WITA lalu membawanya ke rumah kos tempat di Kab Sidrap untuk mencari barang bukti.

Pelaku kini telah ditahan, dan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku dijerat dengan  Pasal 378 dan atau Pasal  372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara, tambah Kasubag Humas Polres Gowa AKP. M. Tambunan 

Aksi pelaku ini masih terus didalami termasuk terkait penggunaan uang ratusan rupiah. Saya menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap oknum yang menjanjikan kelulusan baik menjadi anggota TNI, Polri maupun ASN. Sebaiknya para calon harus percaya diri dengan kemampuan masing-masing, pungkasnya. (Red)

Editor: A2W

Tidak ada komentar