Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Bupati Wajo Kunjungi Lokasi Banjir di Beberapa Titik, Ini yang Disampaikan

WAJO - Hujan Deras tadi malam, Jum'at, 27 Agustus 2021 di Kabupaten Wajo dan merata di beberapa Kabupaten Tetangga mengakibatkan bebera...



WAJO - Hujan Deras tadi malam, Jum'at, 27 Agustus 2021 di Kabupaten Wajo dan merata di beberapa Kabupaten Tetangga mengakibatkan beberapa Wilayah Kabupaten Wajo terendam banjir dan tanah lonsor.

Bupati Wajo, Amran Mahmud dengan cepat segera memanggil para kepala OPD terkait untuk briefing sebelum mengunjungi beberapa titik yang terdampak untuk mengetahui secara langsung hal-hal yang perlu dibenahi dan diantisipasi, Sabtu, 28 Agustus 2021 di Rumah Jabatan.

Adapun OPD tersebut antara lain Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Andi Muslihin, Kepala Dinas Sosial P2KBP3A, Ahmad Jahran, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ashar, Kepala Dinas Perumahan Dan Permukiman, Andi Aso Ashari, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Andi Muh. Baso Iqbal, Camat Tempe, Supardi serta mewakili dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Turut hadir Pj. Sekda, Andi Ismirar Sentosa.

Usai briefing, Amran Mahmud kemudian mengunjungi beberapa titik lokasi yang terkena bencana akibat hujan deras semalaman itu.

Adapun Wakil Bupati Wajo, H. Amran, Ketua DPRD Kab. Wajo, Andi Muhammad Aluddin Palaguna, Dandim 1406 Wajo, Letkol Inf. Muhamad Juanda Dinata, Anggota DPRD Kab. Wajo, H. Sudirman Meru, dan Direktur PDAM, Andi Dedi bergabung pada titik kunjungan.

Titik pertama yang dikunjungi adalah Tanah longsor di Kelurahan Pattirosompe, Kecamatan Temoe. Di sana, Amran Mahmud berinteraksi dan mendengarkan aspirasi dari masyarakat setempat.

Amran Mahmud kemudian melanjutkan meninjau saluran air primer di Jalan Sawerigading, Kelurahan Pattirosompe. Setelah itu menuju ke titik tanah longsor di Jalan Serikaya, Kelurahan Siengkang, Kecamatan Tempe. Amran Mahmud mendapati tim dari unit Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran sedang melakukan pembersihan kayu yang tumbang. Untuk pembersihan longsoran yang mengakibatkan akses jalan serikaya terputus tersebut, Amran Mahmud meminta "alat berat" Dinas Lingkungan Hidup untuk membersihkan. Sementara satgas kebersihan DLH dan Kecamatan Tempe diharapkan untuk membantu.

Titik selanjutnya kemudian meninjau saluran air di Jalan Wr. Monginsidi dan Saluran primer di Jalan Lembu, Tempe. Di sela kunjungan ke titik lokasi bencana, Amran Mahmud juga menyempatkan menyerahkan Bantuan dari Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial Prov. Sulsel dan Dinas Sosial P2KBP3A Kab. Wajo kepada korban kebakaran di Jl. Jawa, Sengkang yang terjadi baru-baru ini.

Amran Mahmud meminta kepada Kepala OPD terkait untuk mengupayakan solusi terbaik dari kondisi yang dikunjunginya serta titik lain yang terdampak.

"Setelah kita melihat langsung kondisi di lokasi, saya minta kepada kita semua untuk mengupayakan solusi terbaik. Untuk saat ini, saya minta kepada unit-unit penanganan bencana di OPD untuk membantu evakuasi dan pembersihan di titik prioritas" Ucap Amran Mahmud kepada Kepala OPD yang mendampingi.

"Untuk penanganan yang menjadi kewenanangan pusat dan provinsi, silahkan buatkan permohonan, nanti kita bantu untuk menyampaikan" tambahnya.

Amran Mahmud juga menyampaikan bahwa untuk wilayah Kecamatan Tempe, hujan semalam menyebabkan naiknya debit air Sungai Walennae-Cenranae yang menjadi buangan akhir drainas sehingga menyebabkan beberapa titik terjadi luapan air.

"Untuk Tempe, kita akan upayakan permbersihan dulu dan pembenahan drainase" ucap Amran

Usai shalat duhur bersama rombongan di Tempe, Amran Mahmud bersama rombongan Forkopimda dan Kepala OPD melanjutkan peninjauan ke Kecamatan lainnya.

Disela-sela kunjungan di lokasi yang terdampak, Amran Mahmud terlihat sesekali menyapa dan menyemangati masyarakat. (Hms/Syfr)

Editor: A2W

Tidak ada komentar