Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Barru Tercepat Ketiga, Pemda Se-Sulsel yang Join Bank Sulselbar Manajemen Pajak dan Retribusi Daerah Berbasis Aplikasi

BARRU, SULSEL - Bertema transformasi Digital pajak dan retribusi daerah, dalam rangka optimalisasi pendapatan daerah, Bupati Barru Ir.H.Sua...



BARRU, SULSEL - Bertema transformasi Digital pajak dan retribusi daerah, dalam rangka optimalisasi pendapatan daerah, Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh, M.Si bersama Direktur Oprasional dan TI Kantor Pusat Bank Sulselbar Andi Irmayani Sultan melakukan pendatanganan Memorandum Of Understanding (MoU)  Sistem Menajemen Pajak Dan Retribusi Daerah (SIMPADA) sekaligus lakukan Launching Aplikasi Simpada di Tower Lantai 6 Kantor Bupati Barru, Selasa (13/10/2021).

Bupati Barru dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas terselenggaranya kegiatan launching Simpada ini. 

"Insya Allah, dengan aplikasi ini dapat dimanfaatkan wajib pajak dan pengelola pajak membayar pajak daerah dimana saja. Selain itu, dapat mempermudah Pemerintah Daerah memonitoring  pajak daerah yang masuk," sebut Kepala Daerah yang telah lima kali berturut-turut meraih penghargaan Opini WTP dalam pengelolaan administrasi keuangan daerah ini.

Disebutkannya bahwa era otonomi daerah saat ini, Pemerintah Daerah terus berupaya mendorong peningkatan PAD, dengan harapan peningkatan PAD, maka sisi sektor pajak juga akan meningkat, meski dua tahun terakhir ini mengalami penurunan karena kondisi negara ini dalam penanganan wabah global, pandemi Covid-19.

"Saya kira potensi Daerah kita, masih kita harapkan untuk menjadi sumber PAD dari berbagai sektor, seperti sektor kesehatan dan pertanian, Selain itu Perseroda yang Pemda telah  melakukan penyertaan modal untuk pengembangan kawasan pelabuhan dan industri," sebutnya menegaskan peluang yang akan potensial digali kembangkan.

Hal lain ditambahkan,  agar setiap aktivitas senantiasa mematuhi protokol kesehatan apalagi berdasarkan data, bahwa Barru hari ini sisa 2 pasien terkonfirmasi kasus positif dan Bupati Suardi Saleh meminta masyarakat jangan lengah dan tetap waspada.

Sementara, Direktur Oprasional dan TI Bank Sulselbar Andi  Irmayani Sultan mengatakan PT Bank Sulselbar selalu mendorong Pemerintah Daerah untuk meningkatkan PADnya.

"Banyak bisa yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk  meningkatkan PAD adalah memanfaatkan potensi yang ada," Lanjut Putri Mantan Bupati Barru Andi Mansur Sultan yang memaparkan bahwa sulitnya Pemda memonitoring  Pajak Daerah akan dengan mudah melalui aplikasi ini nantinya.

Ia menyampaikan, PT Bank Sulselbar selalu dapat berpartisipasi  membantu  pemerintah daerah dalam melakukan  pelaporan  pemasukan wajib pajak secara mandiri melalui aplikasi dimana saja dan kapan saja.

"Saya bersyukur karena Kabupaten Barru merupakan daerah ketiga dari 24 Kabupaten, dan Barru menjadi tempat launching aplikasi Simpada, tentu hal ini membuat saya bangga karena Barru yang menjadi bagian daerah saya bisa melakukan itu," sebut Andi Irmayani Sultan dengan haru dalam sambutannya di tengah publik daerah yang pernah dipimpin Ayahnya di era 1985-1990.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Ushuluddin,S.T melaporkan tujuan dari pada ini untuk memperkenalkan aplikasi simpada kepada masyarakat khususnya pengelola pajak dan retribusi daerah dan masyarakat wajib pajak secara luas.

Turut hadir Pemimpin Divisi TI Kantor Pusat Bank Sulselbar. Muhammad Ikbal, Kepala Cabang Banksulselbar Barru Muhammad Syahrir, para Kepala OPD ,para Kabag, para Camat dan para Kepala Desa se Kabupaten Barru.

Dalam kesempatan sama, juga diberikan apresiasi terhadap Pemungut Pajak PBB Perdesaan Perkotaan Terbaik di Barru. (Iq)

Editor: A2W

Tidak ada komentar