Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Babinsa Koramil-04 Kodim 1404/Pinrang bantu petani buru hama tikus

Menyikapi keluhan para petani di wilayah binaannya tentang banyaknya hama tikus, Babinsa Koramil-04 Kodim 1404/Pinrang Sertu Abbas Mangungsa...



Menyikapi keluhan para petani di wilayah binaannya tentang banyaknya hama tikus, Babinsa Koramil-04 Kodim 1404/Pinrang Sertu Abbas Mangungsara membantu petani melaksanakan kegiatan gerakan pengendalian organisasi pengganggu tumbuhan dalam hal inji hama tikus di Lingkungan Marannu Kelurahan Pacongan Kecam,atan paleteang Kabupaten Pinrang, (19/06/2023).

Menurut Babinsa Serda Abbas Mangungsara salah satu cara meningkatkan produk hasil pertanian adalah dengan mengurangi dan membasmi hama tanaman. Secara tradisional tikus merupakan hama endemik wilayah persawahan yang ditanami padi. Merupakan hama utama yang setiap saat selalu merugikan petanai baik saat musim tanam maupun saat musim panen.

Binatang pengerat ini dikenal sebagai hewan yang sangat cepat berkembang biak dan sulit dikendalikan. Tikus sawah dapat berkembang biak mulai umur 1,5-5 bulan. Setelah kawin, masa bunting memerlukan waktu 21 hari. Seekor tikus betina melahirkan rata-rata 8 ekor anak setiap kali melahirkan dan mampu kawin lagi dalam tempo 48 jam setelah melahirkan serta mampu hamil sambil menyusui dalam waktu yang bersamaan.

"Pemberantasan hama tikus ini rutin dilaksanakan oleh petani sebelum masa tanam, agar tanaman padi terhindar dari hama tikus supaya tanaman padi bisa tumbuh subur dan menghasilkan produksi padi baik", ujar Babinsa.

Tidak ada komentar