Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Babinsa Koramil-06 Kodim 1404/Pinrang kompak bersama Bhabinkamtibmas hadiri acara Mappalili

Kekompakan dan sinergitas antara Babinsa Koramil-06 Kodim 1404/Pinrang Serda Andi Abdullah bersama Bhabinkamtibmas Polsek Duampanua Bripka M...



Kekompakan dan sinergitas antara Babinsa Koramil-06 Kodim 1404/Pinrang Serda Andi Abdullah bersama Bhabinkamtibmas Polsek Duampanua Bripka Muhammad Fajrin terlihat saat bersama-sama menghadiri acara adat Mapalili di Lingkungan Cacabala Kelurahan Pekkabata Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang, (09/06/2023).

Menurut Babinsa Serda Andi Abdullah Kabupaten Pinrang sebagai salah satu daerah lumbung pangan di Sulawesi-selatan memiliki budaya yang masih terjaga kelestariannya. Salah satu diantaranya adalah Mappalili, sebuah acara adat-istiadat yang dilakukan oleh masyarakat sebagai ritual sebelum para petani turun ke sawah menanam padi.

“Kegitaan acara Mappalili dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang telah diberikan, serta do’a bersama semoga diberikan kemudahan dan keselamatan dalam membajak sawah sampai panen”, ujar Babinsa Serda Andi Abdullah.

Babinsa Serda Andi Abdullah mengapresiasi acara Mapalili tersebut, menurutnya dalam acara Mappalili terdapat unsur persatuan, kebersamaan dan gotong-royong, sehingga Mapalli merupakan tradisi yang patut dilaksanakan setiap tahun sebelum turun sawah sebagai upaya melestarikan adat istiadat yang ada di Kabupaten Pinrang.

Tidak ada komentar