Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Berantas Halinar, Lapas Banjarbaru Kembali Gelar Razia Rutin Kamar Hunian Warga Binaan

Banjarbaru, Info_PAS - Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Lapas Kelas IIB Banjarbaru Kembali melakukan razia pada blo...



Banjarbaru, Info_PAS - Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Lapas Kelas IIB Banjarbaru Kembali melakukan razia pada blok dan kamar Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (6//6/2023) siang. Razia ini dilaksanakan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian masuknya barang-barang terlarang ke dalam kamar hunian Warga Binaan.

Razia dipimpin oleh Septyawan Kuspriyo selaku Plh. Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP), didampingi Kasi Administrasi Kamtib, Sabar Anju Padang, Kasubsi Kamtib , Sahri Mulyanto, Kasubsi Portatib, Tri Andi Widiarto, beserta anggota Tim Satops Patnal dan Petugas Regu Pengamanan.

"para petugas melakukan pemeriksaan dan pengecekan pada setiap barang yang terdapat di dalam kamar hunian WBP. Proses penggeledahan kita lakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku dan tetap mengutamakan prinsip humanis,” jelas Septyawan.

Septyawan mengatakan kegiatan razia ini sebagai wujud komitmen Lapas Banjarbaru dalam hal deteksi dini gangguan kamtib serta mengantisipasi adanya peredaran dan pengendalian narkoba di dalam Lapas. 

“Temuan terhadap barang milik WBP yang dianggap masuk dalam kategori terlarang, wajib disita. Berdasarkan hasil razia pada dua (2) kamar hunian WBP tidak ditemukan adanya obat-obat terlarang maupun handphone. Namun, kita berhasil mengamankan sejumlah barang terlarang seperti terminal listrik dan kabel rakitan, sajam rakitan, korek api gas, dan lainnya. Hasil sitaan ini akan didata sebagai bahan laporan atas terlaksananya kegiatan razia,” terangnya.

Lebih lanjut, Septyawan menyampaikan razia blok dan kamar hunian WBP ini dilakukan satu kali dalam sepekan. Hal ini untuk memberikan rasa aman serta meminimalisir munculnya gangguan keamanan dan ketertiban yang dapat mempengaruhi situasi dan kondisi lingkungan Lapas yang kondusif serta bebas dari handphone, pungutan liar, dan narkoba (halinar).

“Ini merupakan salah satu upaya kita dalam menjaga keamanan dan kenyamanan WBP agar terhindar dari hal-hal yang dapat memicu terjadinya suatu masalah yang berdampak negatif terhadap keselamatan WBP itu sendiri. Komitmen Lapas Banjarbaru adalah menciptakan Lapas yang aman, nyaman, kondusif, dan zero halinar,” tegasnya.

Tidak ada komentar