Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Camat Mariso Apresiasi FORMAN Bontorannu. Komitmen Berantas Narkoba

MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM -  Semakin meningkatnya peredaran dan penyalahgunaan narkotika dan obat/bahan berbahaya (Narkoba) di Kota Makassa...

MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM -  Semakin meningkatnya peredaran dan penyalahgunaan narkotika dan obat/bahan berbahaya (Narkoba) di Kota Makassar, membuat sejumlah kalangan menyatakan perang melawan narkoba. Kelompok masyarakat di wilayah Kecamatan Mariso yang peduli terhadap pemberantasan narkoba di kota Makassar salah satunya adalah organisasi yang memiliki kepedulian terhadap pemberantasan narkoba terbentuk.

Forum Masyarakat Anti Narkoba (FORMAN) Bontorannu, organisasi yang dibentuk sejak Mei Tahun 2020. Saat ini telah membantu pihak kepolisian mengamankan beberapa pelaku serta pengedar narkoba yang sering melakukan transaksi di wilayah kelurahan Bontorannu, kecamatan Mariso, kota Makassar.

Serda Muzakkir Boya selaku pembina di FORMAN, menyampaikan kesan serta suka dan duka selama Forman terbentuk. Menurutnya, organisasi bentukan masyarakat setempat itu sangat memiliki kesan yang bermanfaat, sebagaimana bisa secara langsung menasehati dan meminimalisir pelaku dan pengguna narkoba terkhusus di Bontorannu.

“Sebelum ada Forman Bontorannu ini seperti pasar malam RW. 1 dan RW. 2, jadi saya lihat keadaan sepertinya sudah tidak memungkinkan. Jadi muncul inisiatif membangun forman,” ujar Akki, sapaan akrab Serda Muzakkir kepada wartawan, Senin, (19/6/2023).

Lanjut Akki sapaan akrab pria kelahiran Jeneponto ini akui telah beberapa kali melakukan pendekatan secara langsung terhadap pengedar serta pengguna di lingkungan Bontorannu, dengan cara melakukan pendekatan juga beberapa pelatihan dan pembinaan.

“Kemarin saya sempat komunikasi langsung terhadap penjual narkoba di sekitaran Bontorannu, saya memberi beberapa edukasi sampai saya lakukan kerja sama dengan pemerintah setempat untuk laksanakan pelatihan untuk pembekalan ke masing-masing pelaku dan penjual narkoba,” bebernya.

Sementara itu, Camat Mariso, Juliaman, S.Sos mengungkapkan hadirnya Forum Masyarakat Anti Narkoba (Forman) di Kelurahan Bontorannnu Kecamatan Mariso, tentunya sangat membantu pihak pemerintah kecamatan dalam hal menjaga keamanan.

Juliaman juga mengapresiasi atas lahirnya organisasi buatan masyarakat Bontorannu itu, suatu kesyukuran atas terbentuknya karena secara langsung bisa mendidik warga untuk menyatakan “perang” terhadap narkoba.

“Kami sangat bersyukur dengan kehadiran Forman dan organisasi anti narkoba lainnya yang telah menyatukan tekad untuk memerangi narkoba. Karena hal tersebut bisa memberikan dampak yang positif kepada Kecamatan Mariso menuju Kelurahan Bersinar (Bersih dari Peredaran dan penyalahgunaan Narkoba),” Kata Juliaman Via WhatsApp.

Menurut Juliaman, itu adalah salah satu langkah terbaik untuk menjaga keberlangsungan generasi anak bangsa agar tidak terjurumus ke lingkungan penyalahgunaan narkoba.

“Lahirnya Rasa solidaritas dan kebersamaan dari berbagai elemen adalah salah satu upaya agar masyarakat tidak mudah terpengaruh dan dimasuki barang-barang yang dapat merusak generasi muda, untuk itu dibutuhkan kebersamaan dari semua pihak bagaimana caranya memberikan penyadaran dan pembinaan kepada Generasi Muda kita,” ujar Juliaman.

Harapan pemerintah Kecamatan, melalui kebersamaan kegiatan Forman bersama IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat) diharapkan dalam melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan dapat mengoptimalkan upaya dalam rangka melakukan pencegahan dan pemberantasan narkoba yang nantinya dapat menjadi percontohan di Wilayah Kecamatan Mariso.

“Harapan saya sebenarnya untuk Forman, tak lain untuk kedepannya menjadikan IBM untuk mengoptimalkan masyarakat melakukan pencegahan dan pemberantasan narkoba, dan untuk dijadikan contoh di wilayah kecamatan Mariso tersendiri kalau perlu untuk se-kota Makassar.” tandas Juliaman. (**)

Tidak ada komentar