Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Jeneponto Bacakan Amanat Menpora

JENEPONTO - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 Tahun, Komando Distrik Militer (Kodim) 1425 Jeneponto Korem 141 Toddopuli Kodam XIV Hasanud...



JENEPONTO - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 Tahun, Komando Distrik Militer (Kodim) 1425 Jeneponto Korem 141 Toddopuli Kodam XIV Hasanuddin, menggelar kegiatan upacara bendera, dipimpin langsung oleh Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Muhammad Amin, S.IP., selaku Inspektur Upacara, Pasi Log Kapten Cpl Sahabuddin sebagai Komandan Upacara, dan Pasi Pers Lettu Cba Ramli selaku Perwira Upacara.

Upacara Bendera dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ditandai dengan Pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, Pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Danunit Intel Lettu Inf Muh. Amin dan Pembacaan Teks Kongres Pemuda oleh Ps. Danramil 1425-03 Tamalatea Lettu Inf Marzuki, yang di gelar di Lapangan Upacara Makodim 1425 Jeneponto, jl. Lanto Dg Pasewang Kelurahan Balang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Sabtu, 28/10/2023.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Dandim Letkol Inf Muhammad Amin, menyampaikan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia" dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Lebih lanjut disampaikan Menpora, bahwa Momentum Sumpah Pemuda mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“Di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Mengimbangi percepatan dan perubahan ini saja sudah cukup membuat kewalahan. Pada intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap Teknologi dan Informasi serta Literasi Digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi,” jelasnya.

Oleh karena itu, Menpora menekankan bahwa agar setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

Di akhir amanatnya, Menpora sampaikan marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita,” tutupnya.

Usai bacakan amanat Menpora, Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Muhammad Amin, menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat, bangsa Indonesia akan menyelenggarakan Pemilihan Umum tahun 2024, yang mencakup Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif, serta Pemilihan Kepala Daerah secara serentak.

Oleh karena itu, kepada seluruh Prajurit saya tekankan “Netralitas TNI adalah sebuah komitmen yang jelas dan tidak bisa ditawar-tawar. TNI harus netral, karena TNI memegang peranan penting dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional. Sebagai salah satu pilar utama dalam pertahanan negara, TNI memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjamin tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan sejuk." Tegasnya.

(Penerangan Kodim 1425/Jeneponto).

Tidak ada komentar