Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Sinegritas Kodim 1022/Tnb dengan DP3AP2KB Tanbu Gelar Pelayanan KB Serentak

Tanah Bumbu - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus mendorong keberhasilan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berenca...



Tanah Bumbu - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus mendorong keberhasilan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (PKKKB). Salah satunya melalui kegiatan Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK), kerjasama Faskes TNI AD dan kali ini berpartisipasi pada pekan pelayanan KB pada peringatan hari kontrasepsi sedunia tahun 2023, di Kantor PKB Satui dan Karang Bintang,Selasa (03/10/2023).

Kegiatan pelayanan KB di Kantor PKB Satui dan Karang Bintang di hadiri oleh Danramil 1022-04/Satui Kapten Inf Wahyono mewakili Komandan Kodim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Aldin Hadi, S.H ., M.Tr (Han), Koordinator PKB Satui  dan Karang Bintang beserta anggota, dan Staf Kecamatan Satui dengan dihadiri puluhan masyarakat yang akan mendapatkan pelayanan KB.

Dalam hal ini Kodim 1022/Tnb melalui Babinsa setempat untuk menjaring kesertaan masyarakat untuk mendorong keberhasilan Program KB di tengah masyarakat.

Kapten Inf Wahyono mengatakan peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan keluarga berencana.
"Kami Kodim 1022/Tnb mengapresiasi dukungan segenap mitra yang terus bersinergi membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui peran dan fungsi program Keluarga Berencana (KB), Pentingnya perencanaan keluarga akan memberikan dampak yang cukup besar dalam penanganan masalah stunting di Indonesia," ucapnya.

Lanjutnay, “Program KB bertujuan mengatur kehamilan PUS, mencegah kehamilan yang terlalu dini, dan mencegah jarak kehamilan terlalu dekat sehingga berperan dalam kesehatan ibu dan memastikan ketercukupan gizi anak. Bila kebutuhan gizi anak tercukupi sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan akan mencegah terjadinya stunting”.

melalui dukungan dari berbagai elemen menunjukkan langkah akselerasi terwujudnya SDM yang berkualitas menyongsong Indonesia Emas. Dukungan dan kerjasama lintas sektor merupakan aksi implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Tentang Percepatan Penurunan Stunting dalam aksi konvergensi pencegahan potensi risiko stunting

Dukungan TNI dan tenaga kesehatan dalam pelaksanaan program KB sebagai wujud konvergensi dan komitmen bersama pemerintah di Tanah Bumbu dalam rangka peningkatan kualitas SDM dan pencegahan stunting.

Aksi kolaborasi tersebut agar dapat menyasar target pelayanan KB pada peringatan hari kontrasepsi di Tanah Bumbu tahun ini sebanyak 33 terbagi 20 pemasangan implant dan 13 pemasangan IUD.

Selama sepekan sejak 26 September 2023 hingga 4 Oktober 2023 masyarakat dapat mengunjungi Fasyankes di setiap kecamatan dan desa/kelurahan untuk mendapatkan pelayanan kontrasepsi.

Mari raih kesempatan untuk mendapat pelayanan KB secara gratis dengan jenis kontrasepsi yang efektif mencegah kehamilan yaitu KB metode Implan, medis operatif pria (MOP) medis operatif wanita (MOW) dan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) atau Intera Uterine Device (IUD), imbuh Iqbal. 

MKJP merupakan kontrasepsi yang dapat dipakai dalam jangka waktu lama lebih dari 2 tahun, efektif dan efisien untuk tujuan pemakaian untuk menjarangkan kelahiran lebih dari 3 tahun atau mengakhiri kehamilan atau sudah tidak ingin menambah anak lagi.
Bahkan tindakan kontap pada wanita yang disebut kontap wanita atau MOW (Metode/medis Operasi Wanita) atau Tubektomi, sedangkan pada pria MOP (Metode/medis Operasi Pria) atau vasektomi dapat dilayani pada pekan pelayanan peringatan hari kontrasepsi ini.(Kodim 1022)

Tidak ada komentar