Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Tak Ada Tenaga Medis, Warga Keluhkan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Dolong

TOUNA, SUARATIPUKOR.COM - Pemenuhan hak atas kesehatan masyarakat adalah tanggung jawab negara yang diatur oleh Undang Undang. Namun faktany...


TOUNA, SUARATIPUKOR.COM - Pemenuhan hak atas kesehatan masyarakat adalah tanggung jawab negara yang diatur oleh Undang Undang. Namun faktanya dilapangan, layanan kesehatan masih kerap terabaikan karena ulah oknum tenaga medis yang tidak bertanggung jawab. 

Pemandangan demikian terjadi di Puskesmas Dolong di Kecamatan Walea Kepulauan, Kab.Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. 

Menurut salah seorang tokoh masyarakat setempat, H. Hadi May yang dikonfirmasi melalui telpon selulernya menjelaskan, sejak perayaan Natal tanggal 25 Desember 2023 sampai sekarang, Puskesmas Dolong belum pernah buka.

"Tidak satu pun staf atau pun tenaga media yang hadir sejak perayaan Natal. Sekarang sudah dua minggu Puskesmas ini tutup sehingga banyak warga yang datang hendak memeriksakan kesehatan harus pulang karena tidak ada pelayanan," tegas H. Hadi dengan nada kesal.

Menyikapi polemik ini, Kepala Dinas Kesehatan Tojo Una-Una, Dra. Jafanet Alfari, M.Ap menjelaskan bahwa staf dan tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Tojo Una-Una bukan tidak aktif tapi sedang mengikuti tes PPPK. 

"Staf atau tenaga medis di Puskesmas Tojo Una-Una pada umumnya honorer. Saat ini sedang mengikuti seleksi PPPK sesuai petunjuk dari pusat. Kesempatan ini mereka manfaatkan untuk kepentingan dan keberlanjutan masa depan mereka," tegas Jafanet yang dihubungi lewat telpon, Ahad, (07/01/2024) sekita pukul 10 Wita. 

Laporan: Adi 

Tidak ada komentar