Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Berikan Sambutan di Acara Halal Bihalal KKB Arung Matoa La Koro Batara Wajo, Ini Kata Bupati

SUARATIPIKOR.COM,WAJO -  Bupati Wajo memberikan sambutan di Acara Halal Bihalal KKB Arung Matoa La Koro Batara Wajo, Raja Wajo ke XLI, yang ...

SUARATIPIKOR.COM,WAJO - Bupati Wajo memberikan sambutan di Acara Halal Bihalal KKB Arung Matoa La Koro Batara Wajo, Raja Wajo ke XLI, yang bertempat di Lesehan JQ Jl. Rusa No.8 , Minggu 23 Juni 2019.
Dalam sambutan rumpun keluarga Arung Matoa La Koro Batara Wajo mengatakan bahwa acara ini adalah yang paling khidmat, dan biasanya dilaksanakan di Atakkae dulu dulunya, acara ini dulunya hanya sebatas arisan keluarga kemudian ditingkatkan ke acara seperti ini sebuah kerukunan keluarga lakoro Batara Wajo, dan program ini biasaya memberikan bantuan.
"Penghargaan kami kepada leluhur Ini semacam menghormati leluhur. Apa yang dilakukan dulu dulunya kepada keturunan tomanurung yang ada di Wajo, dulunya ketika negara kacau balau muncul seorang yang punya kesaktian untuk mempersatukan waktu itu dan dianggap sebagai pahlawan dan dimohon untuk menjadi raja waktu itu, dan juga begitu pula di daerah-daerah lain, sehingga inilah cikal bakal keturunan wija to manurung," ungkap salah satu rumpun keluarga.

Juga dalam acara ini dirangkaikan dengan penyematan Kepada Bupati Wajo penghargaan, dan ini berarti keluarga rumpun keluarga Arung Matoa La Koro Batara Wajo siap mendukung pemerintahan Bupati Wajo ke depan, jelasnya.

Sambutan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si. menyampaikan bahwa mendapatkan Kehormatan di tengah-tengah rumpun keluarga Arung Matoa La Koro Batara Wajo disini mempelajari nilai-nilai kearifan lokal dengan mempelajari nilai-nilai dasar dari Arung Matoa, sehingga tercipta sebuah buku yang sudah di launching beberapa waktu yang lalu.

"Puji syukur dengan dan rasa bangga dan  rasa kekeluargaan serta persaudaraan dan kami menganggap diri sebagai anak, dengan hadirnya orang orang tua yang bisa memberikan nasehat dan spirit," tutur Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si.

Juga disampaikan bahwa dia selalu berkomunikasi dengan Petta Midin Atau H. Andi Asmidin untuk Meminta nasehat dan saran dengan segala keterbatasan, dan berusaha semaksimal mungkin serta kerja keras dengan semangat kebersamaan dengan disupport dari keluarga Arung Matoa La Koro Batara Wajo.

"Kedepannya kami akan membangun sinergitas dengan membangun nilai-nilai bukan hanya infrastruktur yang dibangun, tapi kita juga bangun nilai-nilai atau sumber daya manusianya." Ungkap Bupati Wajo.

Disampaikan juga dalam acara ini bahwa akan mencari bantuan bukan hanya di daerah tapi juga di pusat, targetnya berupa infrastruktur sehingga ekonomi bisa jalan, juga ingin mencoba membangun nilai-nilai dengan keterbatasan ilmu-ilmu kearifan lokal dan akan dicoba padukan dengan nilai-nilai agama.

"Kami sangat berharap masukan dari Armawa dengan buah buah pikirannya, sehingga kami dapat menjalankan roda pemerintahan 5 tahun kedepan, ada yang perlu diluruskan diarahkan melalui generasi-generasi kami," jelas Dr. H. Amran Mahmud.

Juga dikatakan bahwa dibutuhkan pilar pembangunan di Wajo diantaranya pilar masyarakat, perguruan tinggi serta tokoh adat utamanya dari rumpun keluarga Arung matoa , dan selanjutnya pilar masyarakat wirausaha sehingga  bisa akselerasi pembangunan lima tahun kedepan.

Pembangunan icon wisata Masjid Cantik, yang merupakan pintu gerbang wisata yang merupakan wisata terpadu di danau Tempe. dengan lapaduppa sebagai pintu gerbangnya. dengan memperkenalkan berbagai macam produk souvenir khas Wajo, juga branding Sutra  Wajo dan sektor lainnya sehingga mengembalikan ikon Wajo menjadi kota Sutera atau Kota Wisata, jelasnya.

"Ujung-ujungnya bagaimana mensejahterakan masyarakat kita, kami membuka diri kepada semuanya, siap mensuport organisasi dari arung matoa Batara Wajo dengan rencana rencananya yang ke depan." Harap Bupati Wajo menutup sambutannya.

Penulis : Humas Pemkab Wajo,
Editor : Daci Dais

Tidak ada komentar