Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Siswa SMAN 1 Soppeng Laksanakan PAT Gunakan Smartphone Berbasis Android

Reporter : A.Adhy, Editor : M.Risdi,DM. SUARATIPIKOR.COM,SOPPENG -  SMAN 1 Soppeng Jalan Samudera No.2 Watansoppeng Kecamatan Lalabata Kab...

Reporter : A.Adhy,
Editor : M.Risdi,DM.

SUARATIPIKOR.COM,SOPPENG - SMAN 1 Soppeng Jalan Samudera No.2 Watansoppeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng Sulawesi-Selatan, melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) menggunakan smartphone berbasis android. Secara teknis, ujian kali ini tidak memiliki perbedaan dengan ujian konvensional lainnya. Namun, yang membedakan hanya media yang digunakan untuk mengerjakan soal. (11 Juni 2019).
Penilaian Akhir Tahun menggunakan smartphone berbasis android diikuti 606 pesera didik dari kelas X dan kelas XI. “Tujuannya untuk melatih siswa-siswi agar terbiasa karena ke depannya, mereka akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Karena, aplikasi ini tampilannya persis dengan tampilan UNBK."

Kepala UPT SMAN 1 Soppeng Naharuddin, S.Pd.M.Pd bahwa kelebihan menggunakan android juga lebih efisien dan lebih mudah. Hampir seluruh anak-anak sangat mahir dan merasa nyaman memakai android ketimbang komputer. "Anak-anak tentu lebih santai mengerjakan soal ujian dengan teknologi lebih bagus dan mampu lebih cepat dalam mengerjakan soal ujian.

Ujian berbasis Android ini, siswa bisa mengunduh aplikasinya melalui Play Store. Aplikasi tersebut didesain sedemikian rupa sehingga tidak memungkinkan pengguna membuka aplikasi lain dalam waktu bersamaan.

Sementara itu Musdalifah Alhumaerah seorang siswa kelas XI MIA 5 dan juga menjabat sebagai wakil ketua bidang 1 OSIS SMAN 1 Soppeng periode 2018/2019, mengaku senang dengan ujian berbasis android. 

Selain hemat waktu juga memudahkan siswa. Proses ujian pun dirasa cukup mudah. Siswa cukup mengakses Wi-fi Tampa mengunakan data di ruang kelas, setelah terkoneksi membuka aplikasi Mobile Exam. 

Setelah itu menuliskan nomor IP server. Kemudian siswa dapat login dengan menulis username dan password. (*)

Tidak ada komentar