Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Hanya Berselang Tiga Hari, Bupati Kep.Selayar Mendapat Kunjungan Balasan dari Pihak PLN (Persero)

SUARATIPIKOR.COM,KEP. SELAYAR – Hanya berselang 3 hari pasca kunjungan Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali ke kantor PLN Pusat di...


SUARATIPIKOR.COM,KEP. SELAYAR – Hanya berselang 3 hari pasca kunjungan Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali ke kantor PLN Pusat di Jakarta, mengadukan kondisi listrik di Selayar yang sering padam, hari ini Jumat (12/7/2019) sudah mendapatkan kunjungan balasan dari pihak PLN (persero). Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Kepulauan Selayar desak PLN untuk turun langsung di Kepulauan Selayar melihat kondisi yang ada saat sekarang, sekaligus mencari solusi dari kendala yang ada.

Kedatangan tim dari PLN yang dipimpin oleh General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran (UIKL) Sulawesi, Suroso Isnandar diterima dan disambut oleh Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali di Rumah jabatannya sekitar pukul 13.00 wita. 

GM PT. PLN UIKL Sulawesi tidak sendiri, ia didampingi oleh Manager Bidang Pembangkitan Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi Leiden Brix Hutapea, Manager Bidang KSA (UIKL Sulawesi) Roesmin, Manager Unit Pelaksana Pengendalian Pengendalian Pembangkitan Tello (UPDK Tello), Fatahuddin Yogi A, Manager Bagian KSA UPDK Tello, Mustafa, Manager Bagian Ophar UPDK Tello Abd. Rahim, serta Dani Hamdani Manager Bagian Jaringan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bulukumba.

Dalam pertemuan itu GM PT PLN (persero) UIKL Sulawesi Suroso Iskandar mengatakan bahwa pihak PLN saat ini sedang berusaha keras untuk mendorong supaya sistem pelayanan listrik di Selayar  bisa berjalan lebih baik.

“Banyak sekali pekerjaan yang harus kami selesaikan, yang intinya adalah modernisasi jaringan, seperti penggantian tiang besi ke tiang beton yang sekarang sedang berlangsung,” Ucap Suroso. 

Dari sisi pembangkit Suroso meyakinkan bahwa kapasitasnya mencukupi. Pada saat ini beban puncak di Selayar 6 MW atau 6000 KW untuk 23 ribu pelanggan, dengan kapasitas pembangkit yang ada sekarang mencapai 8 MW. Secara teori dalam kapasitas 8 MW itu kata dia seharusnya sudah mencukupi, namun melihat kondisi gangguan yang ada, menurutnya lebih menonjol pada banyaknya pohon yang mengganggu jaringan. 

Olehnya itu Suroso Iskandar meminta kepada kepada Bupati agar ada kerjasama antara pemerintah daerah dengan PLN menyangkut pemangkasan dan pemotongan pohon yang seringkali menjadi penyebab padamnya listrik, sembari Pihak PLN juga akan mencari solusi secara teknologi dengan melakukan rekonfigurasi jaringan. 

“Kami akan melakukan penambahan alat-alat pemutus sehingga kalau terjadi gangguan hanya satu area saja. Itu yang saya sebut modernisasi jaringan dan harus dilakukan saat sekarang di Selayar karena jenis gangguan yang ada sekarang adalah hampir semuanya di jaringan disebabkan oleh pohon seperti jatuhnya kelapa dan lain-lain. Modernisasi jaringan itu mutlak dilakukan misalnya pemutus-pemutus yang otomatis, begitu terjadi gangguan secara otomatis terputus, tidak perlu lagi naik mobil menuju titik area yang makan waktu lama,” jelas Suroso Iskandar. 

Selain itu lanjut Suroso, untuk penggantian dari tiang besi ke beton, petugas lapangan seringkali ada kendala terkait pemilik lahan setempat.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali janji akan membantu memfasilitasi pihak PT. PLN (persero) yang diminta supaya dituangkan dalam Memorandum Of Understanding (MOU), dimana PLN akan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar. 

“Rencananya MOU itu akan kita tandatangani bersama di Jakarta pada hari Selasa mendatang. Saya juga selaku Bupati berjanji kepada pihak PLN bahwa menyangkut hal-hal yang menyebabkan pelayanan tidak maksimal akan dibantu oleh pemda untuk memfasilitasi agar kendala-kendala itu bisa kita hilangkan, terutama selaku pemerintah daerah turun ke masyarakat untuk memberikan pemahaman dan pengertian agar pohon-pohon yang menghalangi bisa dipangkas. Kita akan bentuk tim dari pemerintah daerah untuk turun melakukan pendekatan dan pemahaman kepada masyarakat,” kata Basli Ali.  

Dalam pertemuan itu GM PT. PLN UIKL Sulawesi Suroso Isnandar juga memberikan angin segar terkait rencana pembangunan PLTMG di Kabupaten Kepulauan Selayar. Dalam keterangannya PLTMG 2 x 10 MW tahap pertama, saat ini sudah dalam tahap penyiapan dokumen lelang.

“PLTMG Selayar 2 x 10 MW tiga bulan lagi akan dilelangkan. Pemenangnya akan mengerjakan pada tahap konstruksi sekitar 9 bulan. Kalau ini berjalan lancar, akhir tahun depan sudah selesai,” terang Suroso Isnandar. (Im/Afrista / Supardi)

Editor : M.Rusdi,DM.

Tidak ada komentar