Dandim 1412 Turun Langsung Memadamkan Titik Api

Dilihat 0 kali 8/31/2019

KOLAKA, Suaratipikor.com - Cuaca panas sejak beberapa hari terakhir di Wilayah Kodim 1412/Kolaka menyebabkan munculnya titik api hingga menimbulkan kebakaran lahan. gambut yang berada di 3 Desa Wilayah Kecamatan Lalolae, Kebupaten Kolaka Timur yang terdiri dari Desa Keisio,Desa Lalosingi dan Desa Wesalo , Jumat (30/08/2019). 

Lahan gambut yang dikenal sangat mudah terbakar kalau sudah kering. Apalagi,saat ini sudah masuk musim kemarau kering. ditambah hembusan angin kencang, bara api akan cepat meluas  Lahan yang kelihatannya sudah padam bisa berkobar lagi karena dasar gambut biasanya masih menyimpan bara api.

Akibat kejadian ini, Dandim 1412/Kolaka Letkol Kav. Ir. Amran Wahid, S.T., M.M turun langsung dan memimpin kelokasi kebakaran bersama personel Koramil 1412-01/Tirawuta beserta Pemda Koltim, PT. Antam, Manggala Agni, Bidang Perlindungan Hutan Provinsi dan KPH (Kesatuan Perlindungan Hutan) memadamkan titik api. 

Semuanya dikerahkan supaya kebakaran bisa dicegah tambah meluas,apalagi lokasinya adalah lahan gambut. Akan tetapi dengan keterbatasan peralatan pemadam dan akses sumber air yang cukup jauh dari lokasi kebakaran membuat petugas gabungan sangat kewalahan serta kesulitan dalam melakukan pemadaman....Ungkap Dandim di sela-sela kegiatan pemadaman api. 

Orang nomor satu di Satuan Kodim 1412/Kolaka ini, berharap agar kejadian di Kab. Kolaka Timur ini menjadi contoh serta pengalaman bagi Koramil lain yang ada di jajaran Kodim 1412/Kolaka untuk senantiasa waspada dan lebih aktif dalam mencegah dengan mensosialisakan bahaya dan dampak dari kebakaran hutan dan lahan kepada seluruh masyarakat .

Dan salah satu upaya Dandim dalam mensosialisasikan masalah Karhutla di wilayah dengan memerintahkan kepada seluruh Danramil untuk memasang baliho himbauan dalam mencegah Karhutla di beberapa titik strategis di wilayah koramilnya masing-masing. Dengan di pasangnya baliho tersebut di beberapa titik minimal dapat meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kodim 1412/Kolaka...Katanya. (*)

Laporan : Peltu Naharuddin,
Editor : Andi Aswin Maramat.

Suaratipikor.com adalah sebuah situs berita yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru, yang mencakup politik, pendidikan, kriminal dalam dan luar negeri.

Related Posts

Previous
Next Post »