Calon Anggota DPRD Wajo Terpilih Resmi Dilantik Hari Ini


WAJO, Suaratipikor.com Sebanyak 40 Calon Anggota DPRD Wajo terpilih resmi dilantik. Pengambilan sumpah/janji anggota DPRD Wajo Priode 2019-2024, itu di gelar dalam Rapat Paripurna, Senin 2 September 2019.
Dan dalam Sidang ini juga diungkapkan berbagai keberhasilan dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Wajo dalam kurung Waktu 5 tahun ini dengan berbagai penghargaan dan keberhasilan, juga dalam penyelesaian Peraturan Daerah dan lainnya, walaupun masih ada satu Peraturan Daerah yang tertinggal karna masih dalam tahap pembahasan.

Hal tersebut disampaikan H. Yunus Panaungi, SH. Ketua DPRD Kabupaten Wajo periode 2014-2019 sebelum menyerahkan palu pimpinan kepada Ketua DPRD Wajo sementara H. Andi Alauddin Palaguna.

Dari 40 anggota DPRD yang dilantik tersebut terdiri dari 7 orang dari Partai PAN, 6 dari Partai Gerindra, 5 dari Partai Demokrat, 4 dari Partai Golkar, 4 dari Partai PKB, 4 dari Partai Nasdem, 3 dari Partai PPP, 3 dari Partai PKS, 2 dari Partai Hanura dan masing-masing 1 dari partai PDI-P dan PBB.

Namun, dalam 40 orang anggota DPRD yang dilantik pula, terdapat 18 wajah lama, dan 22 orang lainnya merupakan wajah baru.
Berikut nama-nama DPRD Kabupaten Wajo periode 2019-2024 :

1. Sudirman Meru (PAN)
2. Andi Tengri Lengka (PDI-P)
3. Irfan Saputra (Demokrat)
4. A.D Mayang (Demokrat)
5. Junaidi Muhammad (PAN)
6. Anwar MD (Nasdem)
7. Muhammad Risaldi Odda (PPP)
8. Andi Senurdin Husaini (Demokrat)
9. Zainuddin Ambo Saro (Golkar)
10. Andi Muhammad Rasyadi (PKB)
11. Andi Muhammad Alauddin Palaguna (PAN)
12. Agustang Ranreng (PKS)
13. Andi Yusri (PPP)
14. Asri Jaya Latif (Demokrat)
15. Marlina (PPP)
16. Muhammad Yunus Panaungi (Golkar)
17. Andi Malleleang (Gerindra)
18. Musa (PBB)
19. Taqwa Gaffar (Nasdem)
20. Firmansyah Perkesi (Gerindra)
21. Andi Witman (Golkar)
22. Ambo Mappasessu (Hanura)
23. Andi Sumange Alam (PKB)
24. Mustafa (Gerindra)
25. Andi Muliana Sam (PAN)
26. Andi Bakti Werang (Gerindra)
27. Suriadi Bohari (Nasdem)
28. Arga Prasetya Ashar (PKS)
29. Elfrianto (PAN)
30. Mustarin (PKB)
31. Herman Arif (Gerindra)
32. Andi Suleha Selle (Nasdem)
33. Haeruddin (Demokrat)
34. Mursalin (PKS)
35. Syamsu Alam (Hanura)
36. Andi Muhammad Sarwan (PAN)
37. Muhammad Ridwan Angka (Golkar)
38. Sulfiah (Gerindra)
39. Andi Muliyadi (PKB)
40. Andi Merly Iswita (PAN)

Selanjutnya setelah proses serah terima pimpinan Ketua DPRD, Sidang Paripurna selanjutnya dipimpin langsung Ketua DPRD Wajo sementara H Andi Alauddin Palaguna.

Ketua DPRD Wajo Sementara, H Andi Alauddin Palaguna dalam sambutannya mengatakan, pengucapan sumpah janji merupakan tahapan terakhir perjuangan anggota DPRD setelah melewati proses demokrasi pemilu 2019.

“Terimakasih atas pengabdian Anggota DPRD Wajo Priode 2014-2019 atas pengabdian kepada masyarakat. Mereka telah memberikan pikiran-pikiran cemerlang dalam membangun Kabupaten Wajo,”ucap politisi PAN tersebut.

Dalam sambutan berikutnya yang disampaikan oleh Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si mewakili Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan bahwa pengucapan sumpah janji anggota DPRD kabupaten Wajo tahun 2019-2024 yang telah disaksikan pada hari ini, menjadi tanda berakhirnya masa jabatan anggota DPRD masa jabatan 2014-2019 sekaligus dimulainya pengabdian anggota DPRD masa jabatan 2019 2024.

"Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini, perkenankan saya atas nama pribadi dan juga atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada saudara-saudara yang pada hari ini yang telah menuntaskan tugas mulia sebagai wakil rakyat ini dengan baik," kata Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si.

Selanjutnya disampaikan bahwa selama 5 tahun berjuang bersama Pemerintah Daerah banyak hal-hal baik yang telah dihasilkan bagi masyarakat di daerah ini, sudah sepantasnya kepadanya diberikan apresiasi atas segala jerih payah dan kerja kerasnya selama ini.

Selanjutnya kepada para anggota DPRD kabupaten Wajo masa jabatan 2019-2024 pada hari ini telah mengangkat sumpah disampaikan ucapan selamat mengembang amanah rakyat.

"Dipundak saudara sekalian telah diletakkan tugas dan tanggung jawab yang begitu berat untuk mengawal aspirasi masyarakat.
Dengan terpilihnya saudara sekalian maka seluruh kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat daerah ini menjadi masalah kita bersama, karena DPRD bersama-sama dengan pemerintah daerah sebagai institusi bertugas menyelenggarakan pemerintahan daerah," kata Bupati Wajo.

"Insya Allah dengan kebersamaan dan sinergi yang baik, kita mewujudkan asa dan harapan masyarakat dalam menggerakkan berbagai program dan kegiatan demi mewujudkan cita-cita besar Wajo, yaitu pemerintahan amanah menuju Wajo yang maju dan sejahtera, sebagaimana visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Wajo tahun 2019-2024," Bupati Wajo menambahkan.

Dan disampaikan juga kalau momen hari ini merupakan momentum strategis bagi anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 untuk melakukan tiga hal, 

Pertama menyusun regulasi untuk melindungi masyarakat dan kepentingan negara.
Kedua menyusun anggaran di dalam politik anggaran, saat ini bukan jamannya lagi proses penyusunan anggaran yang tertutup, tidak partisipatif dan pragmatis, karna saudara sekalian terpilih dan yang terbaik dan tidak sedang membuat kalkulasi untung rugi dalam politik.

Ketiga berkaitan dengan fungsi pengawasan, anggota DPRD hendaknya bisa melakukan pengawasan dengan memegang teguh etika politik, visi politik, misi politik dan platform partai, jelas H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si. diakhir sambutannya.

Sumber : Humas Pemkab Wajo,
Editor : Andi Aswin Maula Maramat.

Suaratipikor.com adalah sebuah situs berita yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru, yang mencakup politik, pendidikan, kriminal dalam dan luar negeri.

Related Posts

Previous
Next Post »