Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Dandim 1407/Bone, Ajak Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bone Cegah, Tangkal Radikalisme

WATAMPONE, Suaratipikor.com -- Hari ini Ratusan Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone, mengik...



WATAMPONE, Suaratipikor.com -- Hari ini Ratusan Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone, mengikuti Sosialisasi Cegah, Tangkal Radikalisme bersama Komandan Kodim 1407/Bone Letkol Inf. Mustamin sebagai narasumber, dalam Rangka Binter Terpadu diwilayah Kodim 1407/Bone TA. 2019. 
Kodim 1407/Bone, gelar Sosialisasi Cegah, Tangkal Radikalisme dalam Rangka program Binter terpadu diwilayah Kodim 1407/Bone, tahun anggaran 2019, di Aula Kampus STKIP. Muhammadiyah Bone, jalan Abu Daeng pasolong Watampone Rabu 06/11/2019.

Dalam rangka pembinaan Teritorial (Binter)terpadu wilayah Kodim 1407/Bone, Komandan Kodim 1407/Bone mensosialisasikan tentang Cegah,  tangkal radikalisme, melalui program Binter Terpadu diwilayah Kodim 1407/Bone, Dandim menghimbau dan mengajak kepada Mahasiswa STKIP, Muhammadiyah Bone untuk dapat bersama sama dengan TNI, cegah, tangkal radikalisme dan mendeteksi dini terhadap gerakan kelompok yang mengarah pada radikalisme tersebut

"Letkol Inf Mustamin mengatakan bahwa melalui kegiatan Binter terpadu ini, saya mengajak kepada ade ade mahasiswa untuk bersama sama cegah, tangkal radikalisme yang sedang terpapar  maupun yang belum terpapar diwilayah  lingkungan masing masing, dan apabila ada yang mencurigakan mengarah kesana, kami harap dengan ade ade mahasiswa segera mendekati dengan cara yang baik baik, kemudian melaporkan ke pihak yang berwenang untuk segera dilakukan pencegahan secara baik sebelum terjadi dan bekembang, guna mengantisipasi hal hal yang dapat mengancam keselamatan Negara NKRI,"Harap Dandim. 

kegiatan sosialisasi kali ini  diikuti kurang lebih 250 orang mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bone dan dihadiri oleh Dr. Muhammad Ali, ST.,S. Pd., M. Pd. Ketua lembaga penjaminan mutu STKIP Muhammadiyah Bone dan Hasanuddin, S. Pd.,, M. Pd. Wakil ketua 3 bidang kemahasiswaan STKIP Muhammadiyah Bone, para Dosen, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menjalin komunikasi sosial yang harmonis antara TNI dan mahasiswa, untuk meningkatkan tali silaturahmi prajurit Kodim 1407/Bone, dengan ade ade mahasiswa dan dalam rangka mewujudkan cegah tangkal radikalisme.

"Radikalisme atau ada lagi yang bilang ekstrimisme itu terdiri dari radikal kanan, radikal kiri dan radikal lainnya yang bertujuan merubah ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila, seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Selain itu juga, separatisme yang ingin memecah belah NKRI. Semuanya itu harus di cegah dan ditangkal," tegas Dandim.

Dandim juga ,  mensosialisasikan ciri cari dan penyebab gerakan radikalisme kepada mahasiswa, ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan terhadap radikalisme dan cegah dini masyarakat terhadap kelompok radikalisme. 

Sedangkan kepada anak muda dan ade mahasiswa sebagai penerus bangsa, jangan mudah terpengaruh terhadap isu-isu yang tidak benar dan diharapkan bisa fokus belajar untuk membangun bangsa dan negara sehingga lebih maju, aman dan sejahtera.

"Kita wujudkan saling pengertian dan toleransi beragama, kita boleh beda  pemahaman tapi kita tetap satu. Sesuaikan peran, fungsi dan tugas masing-masing, bahkan diharapkan mampu mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa dalam ikut mengantisipasi serta mencegah terhadap muncul dan masuknya paham radikalisme/separatisme dalam perkembangan kondisi sosial yang seperti sekarang ini," tegas Dandim.

Dandim Bone juga mengimbau kepada mahasiswa agar tidak gampang terpengaruh terhadap kelompok maupun gerakan yang dapat merusak ideologi Pancasila, dan berani melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila mengetahui akan adanya gerakan/kelompok tersebut.

"Pada intinya adalah kita sebagai anak bangsa generasi penerus bangsa yang kita cintai tentu kita mempunyai kewajiban untuk menjaga keutuhan negara kesatuan Repoblik Indonesia, untuk itu mari kita bergandeng tangan bersama sama menjaga negara yang kita cintai ini, NKRI harga mati,"kata Dandim. 

Ditempat yang sama,  Hasanuddin, S. Pd., M. Pd. Wakil ketua 3 bidang kemahasiswaan STKIP Muhammadiyah Bone, disaat memberikan kata sambutan pengantar kegiatan dan penerimaan kepada Dandim 1407/Bone, Mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Dandim 1407/Bone atas kedatangannya di Kampus ini, tak lain untuk memberikan motivasi semangat dan bekal pemahaman tentang mahaya radikalisme diwilayah Bone. 

Kami mengapresiasi pak Dandim ditengah tengah kesibukannya masih bisa meluangka waktunya datang ke Kampus ini guna memberikan motivasi dan pemahaman tentang bahaya radikalisme kepada mahasiswa kami," Hasanuddin, S. Pd., M. Pd. (*)


Laporan : Serka Salama,
Editor : A2W.

Tidak ada komentar