Riset Pertanian Mardi Center Malaysia Jadi Pusat Pengembangan Usaha Tani

Dilihat 0 kali 11/28/2019

JAKARTA, Suaratipikor.com -- Menyinsing pagi hari Kamis (28/11/2019) delegasi Indonesia meningalkan hotel Copthorne Highland menuju lokasi Riset Mardi. Menggunakan bus berkelok diperbukitan dengan jalan yang mulus, Highland sebuah kota yang menjual potensi wisata pemandangan indah dan cuaca dingin sekitar 14 derajat dan berkabut.

Kota ini merupakan pusat riset pengembangan teknologi bidang pertanian sebagai daerah penghasil buah-buahan dan sayuran. Riset Mardi Center tersebar di berbagai wilayah dengan meriset komuditas unggulan yang ada dalam wilayah itu.

"Khusus lokasi riset yang kami datangi adalah lokasi riset pengembangan pertanian khusus buah-buahan dan sayuran hasil riset dari mardi center di trasfer kepetani dan dilakukan pendampingan," beber Hasdullah Kadiskominfo menceritakan pengalamannya saat mengunjungi lokasi Riset pertanian di negeri Jiran Malaysia itu.

Menurutnya, strategi riset ini sangat berperan dalam pengembangan pertanian di Malaysia. Peran riset ini tidak hanya sampai pada transfer teknologi tapi sampai petik olah kemasan produksi yang siap masuk pasar.

Pengelolaan pusat riset ini dibawah kerajaan Malaysia dan SDM yang digunakan kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di Malaysia bahkan ada tenaga penelitinya dari IPB Bogor Indonesia.

"Saya kira pola pusat Riset Center Mardi ini dapat kita jadikan roll model untuk pengembangan riset di Indonesia," tutup Hasdullah. (*)

Sumber : Diskominfo Sulsel,
Editor : A2W

Suaratipikor.com adalah sebuah situs berita yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru, yang mencakup politik, pendidikan, kriminal dalam dan luar negeri.

Related Posts

Previous
Next Post »