Mantan Ketua PN Sidrap Pamit, Begini Pesan Morilnya Pada Jajaran Pengadil

Dilihat 0 kali 12/28/2019

Malam Pengantar Tugas Bintang AL Berlangsung Khidmat

SIDRAP, SUARATIPIKOR.com -- Suasana khidmat diwarnai haru prosesi pisah sambut Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sidrap di halaman Kantor PN, di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Sidrap, Jumat (27/12/2019) malam.

Setelah mengabdi selama hampir 4 tahun lamanya ‎di Bumi Nene Mallomo, Bintang AL,SHMH kini resmi digantikan oleh Wakilnya, Ernawaty,SHMH.

Meski prosesi Malam Pengantar Tugas Ketua PN Sidrap baru dilakukan setelah serahterimah jabatan pada medio Oktober 2019 lalu.

Namun hal itu tidak mengurangi suasana keakraban Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sidrap, terutama internal PN Sidrap.

Para ponggawa institusi Forkopimda lengkap hadir memberi cendramata pada rekannya yang pernah bertugas selama 4 tahun lamanya di Bumi Nene Mallomo.

Nampak hadir diantaranya, Sekretaris Daerah Sudirman Bungi mewakili Bupati Sidrap, Ketua PN yang baru Ernawaty,SHMH, Ketua DPRD Sidrap H. Ruslan, Kapolres AKBP Budi Wahyono, Kajari Djasmaniar, Dandim 1420 JP Situmorang dan Kepala Rutan Klas IIB diwakili Kepala Pengamanan Rutan Sultan.

Lainnya hadir, sejumlah Ketua PN ikut melepas Bintang AL, yang kini dipromosi jadi Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Klas 1 A Khusus.

Diantaranya, Ketua PN Watampone Klas 1A, Ketua PN Pinrang, dan Ketua PN Enrekang, Ketua PN Parepare, Ketua PN Soppeng dan Ketua PN Wajo.

Lainnya, juga turut hadir yakni Kabag Ops Polres Sidrap Kompol Soma, Ketua Pengadilan Agama Sidrap, Kasat Intelkam, Kasat Narkoba, Kepala Seksi Intelijen Kejari, Kepala Seksi Pidana Umum Kejari, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari dan para JPU serta Kapolsek Maritengngae, para Hakim dan jajarannya.

Dalam pesan Bupati Sidrap disampaikan Sekkab Sudirman Bungi mengatakan pihaknya atas nama Bupati dan pemerintah beserta seluruh masyarakat Kabupaten Sidrap menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak Bintang beserta ibu dan seluruh jajaran Pengadilan Negeri Kabupaten Sidrap, atas kerjasama selama melaksanakan tugas sebagai Ketua Pengadilan Negeri Sidrap.

"Malam ini bukanlah malam perpisahan, karena kita berharap dan kita yakin akan berjumpa kembali dilain Waktu. Saya yakin masyarakat tetap merindukan pak Bintang sebagai hakim fenomenal, bijak dan adil memutuskan perkara,"lontar Sudirman Bungi.

"Selama bertugas di Kabupaten Sidrap, banyak kesan baik yang terbangun terutama diantara anggota Forkopimda Sidrap. Ada banyak ide-ide dan solusi yang kemudian hadir di tengah-tengah Pemerintah Kabupaten Sidrap di dalam menyelesaikan persoalan yang strategis. Pak Bintang sangat aktif berkomunikasi dalam Forkopimda, sehingga beliau memegang peranan penting dalam upaya penyelesaian masalah-malasah yang dihadapi Pemda Sidrap,"pujinya.

Beliau juga, kata Sekkab, membangun komunikasi yang lahir melalui kedekatan emosional yang begitu kental, sehingga seolah tidak ada jarak diantara anggota Forkopimda terutama dengan Bupati dan Wakil Bupati Sidrap.

Dengan demikian persoalan-persoalan yang berskala kabupaten yang bersifat strategis, dapat diselesaikan dengan baik dengan sinergitas dan koordinasi yang baik yang telah dibangun sebelumnya.

"Pemda dan seluruh masyarakat Sidrap mengucapkan terimakasih atas dedikasi Bapak Bintang dan keluarga selama bertugas di Sidrap. Semoga Bapak Bintang dan keluarga selalu dalam perlindungam Tuhan, dan senantiasa sukses berkarir dan menjalankan tugas dimanapun tempat mengabdi,"tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua PN baru Ernawaty 
mengaku banyak inspirasi yang diambil selama mendampingi beliau selama hampir setahun menjadi Wakilnya.

"Saya yakin kita semua mengenal baik Bapak Bintang sebagai orang yang jujur dan selalu tegas dan adil. Selama beliau memimpin Pengadilan Negeri Sidrap, beliau betul-betul dicintai dan disayangi oleh seluruh anggotanya. Kita lihat tadi foto-foto tayangan slide Pak Bintang bersama anggotanya, semoga kita pun insya Allah kelak juga dicintai dan disayangi oleh seluruh anggota kita,"ucapnya mengenang.

Menurut Ernawaty, beliau sangat layak dipromosikan ke kelas 1A Khusus di Jakarta Pusat karena pencapaian prestasi selama di Sidrap.

"Saya yakin itu menjadi pertimbangan buat lembaga Mahkamah Agung untuk menempatkan beliau di tempat yang sekarang. Raihan prestasi tersebut insya Allah akan terus dikenang sepanjang sejarah berdirinya pengadilan negeri Sidrap sampai dengan sekarang.

"Sebenarnya saya ini pastinya menyampaikan kesan dan pesan sangat baik karena kurang lebih setahun bersama dengan beliau. Bulan Januari 2019 lalu beliau melantik saya dan sejak saat itu kami berkolaborasi dengannya. Seandainya ada di bilang Hakim permanen satu daerah, biarlah kami sama-sama terus,"tandasnya memuji.

Sekedar diketahui, Bintang AL sendiri dikenal Majelis Hakim yang fenomenal dalam menghukum terdakwa atau memutus sebuah perkara.

Ia pernah memenjarakan pelaku narkoba 20 tahun kurungan badan. Beliau juga pernah membuktikan kasus TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) dengan terpidana Ahmad Lusi Cs.

Rekam jejaknya mengadili kasus Pidana Umum, maupun Narkoba termasuk Perdata tidak diragukan. Hampir semua pelaku dibuat jera karena vonis hukumannya yang begitu berat.

Sengketa-sengketa perkara perdata juga Ia selesaikan dengan Adil dan memuaskan semua pihak berperkara. "Selamat Bertugas Ditempat yang Barunya, semoga Karir dan Kesehatannya terus dirahmati Allah SWT,"ucap para hadirin. (Red)

Editor : H.Ady Sanjaya,SH.

Suaratipikor.com adalah sebuah situs berita yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru, yang mencakup politik, pendidikan, kriminal dalam dan luar negeri.

Related Posts

Previous
Next Post »