Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Dibutuhkan Sinergitas yang Kuat Dalam Penanganan Covid-19 Diwilayah Kabupaten Gowa

GOWA, SUARATIPIKOR.com  --- Penanganan yang baik di masa pandemi virus corona atau Covid-19 ini dibutuhkan sinergitas yang kuat antar pe...


GOWA, SUARATIPIKOR.com  --- Penanganan yang baik di masa pandemi virus corona atau Covid-19 ini dibutuhkan sinergitas yang kuat antar pemerintah. Mulai dari pemerintah pusat hingga ke pemerintah daerah. 

Hal ini diungkapkan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menjadi narasumber pada seminar bertajuk "Sinergi Kepemimpinan Mengatasi Covid-19" yang dilaksanakan Laboratorium Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin via telekonferensi, Kamis (21/5).

Hal ini menurutnya, berdasarkan rujukan Undang-Undang Nomor 23 dimana dijelaskan bawah sistem pemerintahan di Indonesia sifatnya linear. Misalnya dari pusat sampai ke daerah, mulai dari prediksi, gubernur, wali kota, bupati bahkan ke pemerintah desa. 

"Penanganan pandemi ini bukan hanya tanggungjawab pemeritah saja, tetapi menjadi tanggungjawab bersama. Semuanya itu satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan," katanya.

Selain sinergitas antara pemerintah, juga dibutuhkan sinergitas atau kerjasama dari semua pihak. Masyarakat, para tokoh dan elemen dan organisasi kemasyarakatan lainnya. Termasuk pula para akademisi.

"Akademisi harus ikut andil dalam memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat terhadap dampak dan bahaya Covid-19/9 ini. Sehingga masyarakat dapat meningkatkan kedisiplinan dan tidak menganggap remeh hal ini," tegas Bupati Adnan. 

Lanjutnya, sinergitas lainnya yang dibutuhkan yaitu antar pemerintah dengan prngusaha dan media. Utamanya media yang menjadi sumber utama informasi bagi masyarakat, hanya saja informasi yang disampaikan pun harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Dirinya menilai, penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Gowa sangat terlihat adanya kerja bersama dengan membangun solidaritas yang kuat. Buktinya, saat pemberlakuan Pembatasan Sosila Bersakala Besar (PSBB) beberapa organisasi dan elemen masyarakat itu terlibat. 

"Saya harap kedepan sinergitas antar pemerintah dan seluruh unsur bisa lebih diperkuat. Sehingga tidak ada yang saling menyalahkan antara satu dengan yang lainnya dan Pandemi Covid-19 ini bisa segera tertangani di Indonesia. Terlebih lagi di negara kita sendiri," katanya lagi. 

Sementara, Dosen Febi Unhas  Muhammad Idrus Taba menilai bahwa PSBB yang dilaksanakan oleh Pemkab Gowa sudah berjalan dengan naik dan sukses. Bahkan pelaksanaan PSBB di Kabupaten Gowa ini sudah sesuai dengan  yang diharapkan.

"Saya sebagai masyarakat Kabupetn Gowa merasakan sendiri ketika diterapkan, betul-betul kita merasakan suasana seperti yang diharapkan  masyarakat umum dan kita mejaga suasana itu dan saya kira PSBB itu terlaksana dengan baik,” ujarnya.(JN)

Editor: Syafriadi Djaenaf.

Tidak ada komentar