Sijago Merah Melahap Pasar Induk Karisa

Dilihat 0 kali 9/25/2020


Damkar Bantaeng dan Takalar Kirim Bantuan

JENEPONTO, SUARATIPIKOR.com - Si jago merah yang melalap Pasar Tradisional Karisa di jalan Pahlawan Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto menghanguskan semua kios dan lapak dibagian dalam.
Dari keterangan yang diperoleh SUARATIPIKOR.com, tercatat kurang lebih 1.000 kios dan lapak hangus dilahap api selama kurang lebih 6 jam.

“Kondisi saaat ini, semua kios dan lapak beserta isinya hangus terbakar. Kebakaran terjadi sekitar pukul 22.00 Wita sampai pukul 03.15 jelang sholat subuh baru api dapat terkendali dan padam,” kata Kabag Humas Pemkab Jeneponto, Mustaufiq.
Terkait penyebab kebaran yang mengharuskan semua kios dan lapak di Pasar Tradisional Karisa Turatea, Taufiq mengatakan belum diketahui.

“Penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan, tapi dugaan awal arus pendek listrik di salah satu kios tengah pasar dan menjalar ke seluruh kios yang berada didalam gedung pasar induk Jeneponto,” ungkapnya.

Menurut Mustaufiq, semua armada Damkar Jeneponto sudah dikerahkan ke lokasi kebakaran pukul 22.15 Wita
“Semua mobil pemadam dikerahkan dibantu beberapa mobil tangki dari Dinas sosial, Lingkungan Hidup, namun tak mampu menghentikan kobaran api,” terang Mustaufiq.

Bantuan pemadam dari 4 Kabupaten tetangga pun tiba sekita pukul 23.00 Wita,” Bantua pemadam kebakaran dari Kabupaten Bantaeng, Bulukumba, Takalar dan Gowa,” jelasnya.

Terkait taksiran kerugia akibat kebakaran di pasar Karisa Turatea Jeneponto, Mustaufiq mengatakan masih di taksir.
“Kerugian masih di taksir namun hampir dipastikan puluhan milyar, karena seluruh kios dan lapak didalam pasar induk terbakar,” ungkapnya.

Dari pantauan dilapangan, beberapa kios penjual elektronik, pakaian, emas, barang campuran, dan handphone rata dengan tanah. 

Saat proses pemadaman, terpantau hadir Wakil Bupati Jeneponto. H  Paris Yasir, Kapolres Jeneponto AKBP Yudha Kesit Dwijayanto, Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Gustiawan Ferdianto, Plt Kadis Sosial, Nirmala Syuaib, Kasat Pol. PP Nasubang, Kabag Humas, Kabag Umum dan kabag Pembangunan. 

Mereka ikut memberikan pemahaman kepada warga  untuk tidak terlalu mendekat ke pusat titik api.

Sementara Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar juga terus memantau secara virtual melalui handphone Kabag Humas, Mustaufiq. 

Dalam pemantauannya, Bupati H Iksan Iskandar nampak sedih, bahkan sempat meneteskan air mata melihat situasi pasar Karisa yang dilalap api. 

Apa lagi Agustus lalu Bupati H Iksan Iskandar masih sempat ke pasar tersebut melakukan pemantauan kebersihan dan bagi-bagi masker gratis  ditengah pamdemi covid 19. (Nurdin)

Editor; M.Rusdi, DM.SH.

Suaratipikor.com adalah sebuah situs berita yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru, yang mencakup politik, pendidikan, kriminal dalam dan luar negeri.

Related Posts

Previous
Next Post »