Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Menteri PPPA Takjub Terhadap Kemandirian Rumah Sakit Lapangan TNI-AD

MAMUJU -  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Darmawati, S.E, M.Si  mengunjungi Rumah Sakit Lapangan T...



MAMUJU -  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Darmawati, S.E, M.Si  mengunjungi Rumah Sakit Lapangan TNI-AD, Kamis (28/01/21). Rumah sakit ini berdiri di Lapangan Tammajarra Makorem 142/Tatag, Jalan Abdul Malik Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. 
Dalam kunjungannya, ia memasuki setiap ruang yang ada di dalam rumah sakit, baik ruang perawatan perempuan, perawatan bayi, hingga ruangan lain yang dinilai krusial untuk melaksanakan perawatan medis. 

Hasilnya cukup membuatnya tercengang, betapa tidak, rumah sakit yang terdiri dari 28 tenda memiliki pelayanan, personel, hingga fasilitas yang sangat memuaskan. 

Bahkan I Gusti Ayu Darmawati, S.E, M.Si mengaku baru kali ini melihat rumah sakit di lokasi bencana yang memiliki sarana dan prasana yang lengkap. 

"Kalau boleh jujur, dari beberapa kali saya turun ke titik-titik pengungsian, pertama kali saya melihat konsep rumah sakit di pengungsian yang luar biasa,.ada dokter, kemudian ada fasilitas yang luar biasa," kata I Gusti Ayu Darmawati, S.E, M.Si dengan rasa takjub. 

Ia membeberkan, ketika dirinya mengunjungi berbagai titik pengungsian di Mamuju, banyak cacatan penting harus mendapat penanganan intensif, di antaranya ibu hamil tua dan bayi yang lahir di pengungsian. 

Namun kata dia, semua kendala yang terbersit di kepalanya terjawab, ketika mengunjungi Rumah Sakit Lapangan milik TNI-AD yang berdiri di Korem 142/Tatag.

Di sini ditempat ini (Korem 142/Tatag, Red ) ia melihat seluruh alternatif yang bisa menangani persoalan tersebut. 

"Setelah berkunjung ke sini ( Korem 142/Tatag, Red ) sudah dijawab oleh rumah sakit ini, ternyata masih banyak fasilitas yang memungkinkan ibu-ibu hamil tua ditampung di sini dengan pelayanan melahirkan yang sangat luar biasa," ungkapnya. 

I Gusti Ayu Darmawati, S.E, M.Si kemudian memberikan apresiasi dan bersyukur atas kehadiran rumah sakit yang bisa menyangga rumah sakit yang belum bisa beroperasi maksimal.

Kemandirian rumah sakit itu dinilai penting untuk melayani yang mengalami luka akibat terkena reruntuhan gempa, atau sakit ketika berada di pengungsian.
 
"Saya mengapresiasi dan rasa bangga yang luar biasa melihat kemandirian rumah sakit ini. Ini suatu harapan baru. Makanya pas sekali kita berkunjung ke sini," imbuh, I Gusti Ayu Darmawati. 

Di tempat yang sama Komandan Batalyon Kesehatan Danyonkes 2 Divisi Infanteri 2 Kostrad, Letkol Ckm dr. Ayiq Mahmud, Sp OT (K) Spine berterima kasih atas kunjungan Menteri PPPA, I Gusti Ayu Darmawati, S.E, M.Si. 

Menurut Letkol Ckm dr. Ayiq Mahmud, Sp OT (K) Spine, Rumah Sakit Lapangan tersebut merupakan rumah sakit pertama di Indonesia yang terlengkap, terdiri dari 28 tenda yang dari berbagai fasilitas, di antaranya ruang operasi, UGD, radiologi, dan  fasilitas medis lainnya. 

Selain itu, petugas medis andal pun tersedia dalam rumah sakit ini,  12 dokter ahli, bedah, anastesi, anak, kandungan, bidan, dan personel lain yang memiliki kompetensi yang sudah tidak diragukan lagi. 

"Itu semua dilengkapi dan melayani secara mandiri. Saat ini sudah 267 pasien perawatan, ada 14 orang yang dirawat dan dioperasi sudah 4 orang," ungkap Letkol Ckm dr. Ayiq Mahmud, Sp OT (K) Spine. 

Kata dia, harapan KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa ialah bagaimana rumah sakit ini bisa menjadi pendukung rumah sakit di daerah yang pelayanannya masih terbatas. 

"Harapan Bapak KASAD, rumah sakit ini didirikan untuk benar-baberan menjadi rumah sakit pendukung sampai rumah sakit daerah dinyatakan bisa berdiri sendiri " pungkasnya. (AH)

Editor: A2W

Tidak ada komentar