Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Kegiatan Bakti Sosial dan Pengobatan Massal, Ini yang Dilaksanakan Kogabwilhan lll

TIMIKA - Komando Gabungan Wilayah Pertahanan lll (Kogabwilhan lll) bersama Kodim 1710/MMK dan Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS yang berada di...



TIMIKA - Komando Gabungan Wilayah Pertahanan lll (Kogabwilhan lll) bersama Kodim 1710/MMK dan Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS yang berada dibawah Komando Pelaksana Operasi Korem 174/ATW, menggelar kegiatan Bakti Sosial dan Pengobatan Massal di Kampung Nayaro Distrik Mimika Baru Kabupaten Mimika, Kamis (04/02/2021).
Letnan Kolonel Inf Tunggul Jati (Kasipamops Satgas Pam Obvitnas TNI) mengatakan, kegiatan bakti sosial dan pengobatan massal ini, merupaka hasil kerjasama Kogabwilhan lll, beserta Kodim 1710/MMK dan Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS, dan ini merupakan kali yang kedua kami lakukan di tempat ini. Dalam kegiatan tersebut selain memberikan bantuan bagi masyarakat, namun juga ada kegiatan pengobatan massal dengan mengikutsertakan dua orang dokter yang berasal dari dalam lingkungan Institusi TNI yaitu dokter satgas pamrahwan Yonif 756/WMS dan dokter Rumkitban Timika dibantu Tim kesehatan dari Puskesmas Kampung Nayaro. Masih menurut Letkol Tunggul, bahwa kegiatan tersebut dipimpin oleh Dansatgas Pam Obvitnas TNI Brigjen TNI Stevanus Mahury.

"Untuk Kampung Nayaro, kegiatan Baksos dan pengobatan massal seperti ini sudah pernah kami lakukan sebelumnya. Setelah melihat antusiasme dan animo masyarakat yang begitu tinggi, maka sekarang kami kembali hadir disini dan melakukan hal yang sama, namun untuk saat ini jumlah barang-barang bantuan yang kami berikan ditingkatkan lebih banyak lagi dari yang sebelumnya," Kata Letkol Inf Tunggul.

Ditambahkannya pula bahwa dalam kegiatan tersebut, ada juga pemberian materi pelajaran tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.

"Pada umumnya masyarakat Kampung Nayaro sudah mulai memahami arti tentang wawasan kebangsaan dan bela negara, hal tersebut terlihat dengan jelas saat Mayor Inf Firman yang membawakan materi pelajaran tersebut, memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan tentang Pancasila, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainya. Segera setelah pertanyaan diberikan, hampir semua masyarakat yang hadir berlomba-lomba mengangkat tangan, sebagai tanda bahwa mereka mengerti dan ingin menjawab pertanyaan tersebut," Ucap Letkol Tunggul.

Dansatgas Pam Obvitnas TNI Brigjen TNI Stevanus Mahury dalam sambutannya mengatakan, "kegiatan bakti sosial dan pengobatan massal yang dilakukan Kogabwilhan lll pada masyarakat di Nayaro, merupakan salah satu bentuk dan wujud kepedulian TNI pada masyarakat. Disamping itu, kegiatan tersebut juga merupakan suatu wadah untuk semakin mempererat hubungan TNI dan masyarakat, sehingga arti dari kemanunggalan TNI-Rakyat dapat benar-benar diaplikasikan dan diwujudnyatakan dalam tindakan yang nyata dilapangan.

Pada kesempatan tersebut Brigjen Mahury juga mengatakan, dari beberapa bantuan yang diberikan, ada bantuan berupa Kitab Suci Alkitab sebanyak empat puluh buah. Penyerahan Alkitab tersebut diserahkan secara simbolis kepada Bapak Pendeta Theodorus Wamiro (Pendeta Gereja Bintang Timur Jemaat Nayaro).

"Karena mayoritas masyarakat Nayaro beragama Kristen, maka kami menyediakan Alkitab untuk diberikan pada mereka. Alkitab ini berisi Firman Tuhan yang didalamnya ada perintah-perintah dan larangan-larangan yang Tuhan berikan bagi kita, yang dapat kita jadikan sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan setiap hari, Alkitab ini akan dibagikan kepada masyarakat. Saya berharap setelah menerima Alkitab ini jangan disimpan dan dibawa pada saat ke Gereja saja, namun jika ada kesempatan harap dibaca dan dipahami, sehingga akan semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita pada Tuhan yang maha Esa," harap Brigjen Stevanus

Saat diminta konfirmasinya Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea mengatakan, dikampung Nayaro ada satu Pos satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS sehingga Kogabwilhan lll bersama Kodim 1710/MMK dengan satgas pamrahwan Yonif 756/WMS bersama-sama melakukan kegiatan Baksos dan pengobatan massal tersebut.

Sementara untuk bantuan yang diberikan berupa, Alkitab sebanyak 40 buah, baju kaos 200 buah, buku tulis sebanyak 1000 buah, masker 500 buah serta makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita.

Karena masih dalam suasana pandemi covid-19, sehingga seluruh rangkaian kegiatan dilakaukan dengan tetap berpedoman pada prosedur protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Kegiatan selesai dan ditutup dengan melakukan sesi foto bersama Dansatgas Pam Obvitnas TNI beserta staf dan masyarakat yang hadir.

Turut hadir dalam kegiatan itu antara lain, Dansatgas Pam Obvitnas TNI Brigjen TNI Stevanus Mahury beserta Perwira staf satgas, Kolonel laut Tatang Waaspotwil Kogabwilhan lll, Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea beserta Perwira staf satgas, Kapten Inf Heru (Danramil 1710-02/Timika) mewakili Dandim 1710/MMK, Bapak Konstan Tumuka (Kepala Kampung Nayaro), Ibu Fatima Werfete (Kepala Sekolah SD Nayaro dan Bapak Theodorus Wamiro (Pendeta Gereja Bintang Timur Nayaro).

Penrem 174,
Editor: A2W

Tidak ada komentar