Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Satgas Pamtas Yonif 403/WP Bersama Puskesmas Gelar Posyandu Rutin di Perbatasan Papua

PEGUNUNGAN BINTANG - Sebagai wujud kepedulian kepada balita dan ibu hamil, Satgas Pamtas RI - PNG Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Batom beke...



PEGUNUNGAN BINTANG - Sebagai wujud kepedulian kepada balita dan ibu hamil, Satgas Pamtas RI - PNG Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Batom bekerja sama dengan Puskesmas Batom melaksanakan kegiatan Posyandu di Kampung Batom 2 (dua), Distrik Batom, Pegunungan Bintang, Papua, Minggu (25/04/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua.  Minggu, (25/04/2021).

Dansatgas menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan agar asupan gizi dan nutrisi balita dan ibu - ibu hamil tetap terjaga dengan baik dan untuk menjaga daya tahan tubuh balita agar memiliki anti body yang kuat terhadap virus juga bakteri jahat, oleh karena itu bagi ibu - ibu hamil hal ini sangatlah penting agar selalu dapat terkontrol kesehatannya termasuk janin yang ada dalam kandunganya.

"Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam tatanan rumah tangga harus dapat diketahui, dimengerti, dan dapat dipraktekkan oleh keluarga, anggota keluarga, serta lingkungan dimana setiap keluarga tinggal termasuk di lingkungan seluruh prajurit Satgas dimanapun berada harus senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan tempat tinggalnya" ungkap Ade.

"TNI akan selalu hadir di tengah masyarakat dalam situasi apapun dan dimanapun, tujuannya adalah agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dengan penuh keikhlasan dan ketulusan", tambah Ade.

Selain hal tersebut, Kegiatan Posyandu ini dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Distrik Batom Bapak Niko Kasipmabin (55) dengan dibantu oleh Sertu Dwi Purnomo yang merupakan Bintara Kesehatan dari Pos Batom bersama dengan 4 (empat) orang lainnya.

Di tempat terpisah, Bapak Niko Kasipmabin (55) menyampaikan bahwa pada kegiatan Posyandu kali ini, diikuti oleh belasan ibu - ibu beserta puluhan balita dari Kampung Batom 2 (dua) dengan melaksanakan penimbangan ibu-ibu hamil dan balita, pemberian susu untuk ibu-ibu hamil, pemberian makanan tambahan untuk balita serta penyuluhan tentang 10 (sepuluh) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di dalam rumah tangga.

“Posyandu kali ini, diikuti oleh belasan ibu - ibu beserta puluhan balita dari Kampung Batom 2 (dua) dengan melaksanakan penimbangan ibu-ibu hamil dan balita, pemberian susu untuk ibu2 hamil, pemberian makanan tambahan untuk balita serta penyuluhan tentang 10 (sepuluh) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di dalam Rumah tangga yaitu, Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan, memberi bayi Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah sekali seminggu, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah.” Kata Niko. (Ydh)

Editor: A2W

Tidak ada komentar