Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Respon Cepat SAR Brimob Bone Bantu Evakuasi Kapal Yang Terbakar di Pelabuhan Bajoe

BONE -  Sekitar pukul 06.15 Wita pagi tadi ( Jumat,25/06/21 ) Warga sekitar pelabuhan rakyat Bajoe dikejutkan dengan bunyi ledakan yang meny...



BONE -  Sekitar pukul 06.15 Wita pagi tadi ( Jumat,25/06/21 ) Warga sekitar pelabuhan rakyat Bajoe dikejutkan dengan bunyi ledakan yang menyebabkan 1 unit kapal yang tengah bersandar di lokasi tersebut hangus terbakar.
Kapal Motor Mega Surya milik H. Hasyim ( 60 ) warga Kelurahan Bajoe Tanete Riattang Timur yang diketahui akan berangkat menuju Kabupaten Bau-bau  Sulawesi Tenggara dengan membawa barang-barang kebutuhan pokok dan tabung gas elpiji.

Menurut kesaksian dari ABK ( anak buah kapal ) musibah ini berawal dari ledakan di kamar mesin kapal saat mereka tengah memompa air, tidak lama berselang api mulai muncul dan membakar seluruh bagian kapal yang terbuat dari kayu.

Sekitar pukul 07.15 Wita, 5 unit mobil pemadam kebakaran Kabupaten Bone tiba di lokasi kejadian dan langsung memadamkan api. Pukul 07.30 Wita, tim SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan evakuasi terhadap barang-barang yang masih dapat diselamatkan.

Akibat kejadian tersebut, 2 orang ABK kapal atas nama Ardi ( 40 ) warga Bajoe dan Masri ( 30 ) warga Kabupaten Bombana Sultra mengalami luka bakar di beberapa bagian tubuh dan kerugian akibat kebakaran ini ditafsir mencapai 1 Milyar Rupiah.

Saat dijumpai oleh awak media, Komandan Batalyon ( Danyon ) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan,S.Sos. mengatakan saat tim SAR Brimob tiba di lokasi kejadian,  api sudah berhasil dipadamkan tapi masih ada beberapa barang yang berada di atas kapal, sehingga tim SAR langsung menurunkan 1 unit perahu untuk membantu proses evakuasi barang-barang yang masih dapat diselamatkan.

Danyon Ichsan juga menambahkan tim SAR Batalyon C Pelopor telah bergerak cepat ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi barang- barang / orang yang ada di  atas kapal yang terbakar ini demi mencegah aksi-aksi penjarahan yang dapat menambah kerugian pemilik kapal.

" Jadi sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat, ketika menerima laporan tentang adanya musibah dalam hal ini kapal terbakar, kami langsung bergegas menuju lokasi kejadian untuk membantu proses evakuasi. Selain itu kami juga berupaya mencegah terjadinya aksi-aksi penjarahan yang dilakukan oleh oknum tertentu yang memanfaatkan situasi ini," tambah Kompol Nur Ichsan.

Sementara itu di lokasi berbeda, Komandan Satuan ( Dansat ) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis,P.S,S.I.K.,M.Si. mengatakan bahwa Satbrimob Polda Sulsel telah memiliki tim SAR yang berkompeten untuk melakukan penyelamatan baik itu kecelakaan di air maupun di darat.

" Demi memenuhi permintaan bantuan masyarakat terkait musibah yang terjadi di darat dan di air sebagai wujud implementasi dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia, kami selalu menyiapkan / menyiagakan tim SAR Brimob yang berkompeten dibidangnya. Tim SAR ini juga kami siaga selama 1 X 24 jam setiap harinya, jadi kami selalu siap melakukan pertolongan kapan saja," tandas Muhammad Anis.

Selain personel SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, dalam proses evakuasi korban dan barang KM Mega Surya ini,  juga turun personel dari Basarnas Bone, Polair Polres Bone, Polsek Kawasan Pelabuhan serta warga dan nelayan sekitar. (Red)

Editor: A2W

Tidak ada komentar