Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Camat Tamalanrea Berharap Lorong Wisata Bisa Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemi

MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM - Dalam rangka pengembangan program Lorong Wisata (Longwis), Camat Tamalanrea Andi Salman Baso tengah mematangkan...


MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM - Dalam rangka pengembangan program Lorong Wisata (Longwis), Camat Tamalanrea Andi Salman Baso tengah mematangkan potensi lorong di kelurahan Tamalanrea.

Andi Salaman Baso mengatakan program Lorong Wisata (Longwis) didalamnya itu ada pengembangan kuliner, UMKM, KWT, budaya dan lorong ramah anak.

“Kami mengharapkan semua lurah-lurah bergerak cepat mempersiapkan lorong wisata ini. Terutama mengidentifikasi potensi lorong, punya ciri khas di setiap kelurahan masing-masing,” ujarnya, Sabtu (18/6/2022).

Langkah ini dilakukan sebagai upaya pemerintah kecamatan Tamalanrea mempersiapkan lorong wisata. Walaupun ada nanti yang menjadi andalan setiap kelurahan.

Ia menjelaskan lorong wisata ini bakal menjadi role model Wali Kota Makassar sebagai pemulihan ekonomi kerakyatan pasca pandemi.

“Ini semua bisa menjadi tolak ukur untuk perbaikan ekonomi kerakyatan melalui lorong wisata,” terangnya.

Ya, dengan hadirnya lorong wisata, maka partisipasi masyarakat tentu diharapkan terlibat didalamnya.

“Seperti halnya di kelurahan Tamalanrea tepatnya jalan Karmila Sari yang memiliki potensi pengembangan lorong wisata kuliner, bunga dan kelompok wanita tani,” harap Andi Salman.

Disamping kita mempersiapkan lorong wisata, salah satunya membentuk dewan lorong (Delor) juga.

Camat Tamalanrea menyebutkan ada ciri khas setiap lorong wisata. Dari delapan kelurahan, berarti sekitar 56 lorong yang dipersiapkan menggeliatkan ekonomi kerakyatan melalui lorong wisata.

“Nanti ini semua digerakkan dan kalau ada UMKM belum memadai akan diikutkan pelatihan. Setelah mengikuti pelatihan bergerak dengan baik melalui produk dan dibantu oleh pemerintah untuk di pasarkan,” ungkapnya.

Andi menambahkan pemerintah kota Makassar dibawah kepemimpinan Danny-Fatma akan membuat Starbuck tiap lorong. Tentu saja Ini menjadi motor memasarkan hasil UMKM yang ada di lorong wisata tersebut melalui tettere.

Untuk itu, pihaknya saat ini tengah siap merampungkan program lorong wisata karena dalam waktu dekat ini Wali Kota Makassar akan melaunching program lorong wisata.

Camat Tamalanrea mengapresiasi keterlibatan Indaco mensupport lorong wisata melalui pemanfaatan dana CSR.

“Alhamdulillah dengan masuknya Indaco ini sebagai sponsor melalui dana CSR untuk mendukung lorong wisata, jelas hal positif. Ya keterlibatan semua pihak adalah tujuan pemerintah,” tandasnya.

“Harapan kami sebagai pemerintah, inilah saatnya ekonomi kerakyatan yang ada di lorong wisata ini bisa bangkit. Kalaupun memang perlu pelatihan karena adanya keterbatasan SDM, maka hal demikian kita sampaikan ke OPD terkait dalam hal ini Disnaker dan Dinas Koperasi dari sisi permodalan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kacab PT Indaco Warna Dunia kota Makassar Rudolf mengatakan mensupport lorong wisata dari program pemerintah kota Makassar.

“Kami support dalam bentuk cat untuk pengecatan lorong-lorong wisata. Ini baru penyerahan secara simbolis, nanti ada tahap keduanya,” ujar Rudolf.

Kehadiran Indaco ini, sebagai bentuk partisipasi dalam mendukung kegiatan lorong wisata.

“Nah, semoga dengan adanya partisipasi dari kami, prodak-prodak Indaco ini dapat lebih dikenal oleh masyarakat khususnya kecamatan Tamalanrea,” bebernya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Lurah Tamalanrea Indah Ibrahim, Lurah Kapasa Abu Bakar, Lurah Parangloe Muhammad Ansar, Lurah Tamalanrea Sudarman, Alimuddin Ketua RT 05/RW 03 Kelurahan Tamalanrea, tokoh masyarakat dan kelompok wanita tani. (Sil)

Tidak ada komentar