Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Camat Tamalate Hadiri Kegiatan Gerakan Terus Menanam 1 Juta Polybag

MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM - Camat Tamalate H. Emil Yudianto TN menghadiri Gerakan Terus menanam 1 juta Polybag yang bertempat di Lorong wis...

MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM - Camat Tamalate H. Emil Yudianto TN menghadiri Gerakan Terus menanam 1 juta Polybag yang bertempat di Lorong wisata Geneva kelurahan Tamalanrea kecamatan Tamalanrea, Sabtu, (25/02/2023).

Dalam kegiatan tersebut, selain dihadiri Walikota Makassar,  Ir. Muh.Ramdhan Pomanto, hadir pula Letkol Inf Dr. Kadir Tandiesak S,Ag,  Kasdim 1408/Mks, Ir Rusmayani Madjid, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan, Evy Aprialty, Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2),

Mahyuddin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kompol Saharuddin, SH, Kapolsek Tamalanrea, Kapten Inf Muhammad Amir, Danramil 1408-12/Tml, Camat se Kota Makassar,  Iptu Syukur, SH, mewakili Kapolres Tabes Makassar, para lurah se Kec Tamalanrea,  sekitar 100 orang tamu undangan,  para Pj. Keua RT/ RW Kel Tamalanrea.

Dalam sambutannya, Walikota Makassar menjelaskan, Program satu juta Polybag merupakan upaya menekan inflasi dengan melakukan penanaman dua komoditi utama yakni cabe dan bawang.

Memaksimalkan program satu juta polybag dalam waktu sepekan, 1.000 lorong harus telah terverifikasi faktual dengan potensi yang ada di setiap Lorong Wisata harus qualified. Serta adanya penambahan masing- masing 2 KWT di setiap kelurahan.

Kesiapan bibit komoditi cabe akan disiapkan oleh DP2 sebanyak 3.000 polybag di setiap kecamatan, sedangkan untuk komoditi bawang akan disiapkan oleh Dinas Ketahanan Pangan sebanyak 2.000 polybag per kecamatan.

"Bagaimana mengatur ini...? di setiap lorong wisata, ada Dewan Lorong. Mereka itulah yang akan mengatur mulai dari penataan, pemeliharaan dan keamanannya  Ditambah Kelompok Wanita Tani yang terlibat aktif mengajak warga untuk menjaga tanaman ini hingga bisa dipanen," ucap Walikota Makassar dua periode ini 

Danny juga minta semua polybag dinomori karena akan dimonitor setiap minggu. Setiap minggu akan dievaluasi, apa saja yang sudah ditanam, berapa yang hidup, berapa yang mati, berapa yang ditukar, berapa yang sudah berbuah.

"Evaluasi dan monitoringnya akan dipimpin oleh Kepala Dinas  Ketahanan Pangan. Sementara Dewan Lorong juga harus proaktif berkoordinasi dengan lurah dan  melaporkan lewat aplikasi," pungkasnya. (**)

Tidak ada komentar