Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Camat Mamajang Hadiri Peresmian Jalan Cenderawasih Makassar Berganti Jadi Opu Daeng Risadju

MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM - Nama Jalan Cenderawasih di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) resmi berganti menjadi Jalan Opu Daeng Risa...


MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM - Nama Jalan Cenderawasih di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) resmi berganti menjadi Jalan Opu Daeng Risadju. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto memimpin langsung peresmian perubahan nama jalan tersebut.

Pantauan Suaratipikor.com di lokasi, Selasa (22/8/2023), peresmian perubahan nama jalan ini tepat berada di perempatan Jalan Cenderawasih menuju perempatan Jalan Pajongnga Dg Ngalle.

Peresmian turut dihadiri Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo, Bupati Luwu Basmin Mattayang, Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur, Wali Kota Palopo Judas Amir, Forkopimda Makassar,  Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR), camat Mamajang, M. Ari Fadli dan beberapa Kepala OPD serta camat di Makassar.

"Dengan mengucapkan bismillah, Jalan Cenderawasih dengan resmi kami mengganti dengan Jalan Opu Daeng Risaju," kata Danny saat peresmian perubahan nama jalan tersebut.

Danny mengatakan proses persiapan penggantian nama jalan ini cukup panjang karena sedang ada perbaikan. Sebab ada 9 sub jalan yang ikut berganti dengan adanya pergantian nama ini.

"Meskipun tidak panjang, tapi Jalan Cenderawasih ini banyak anaknya, sampai (jalan) Cenderawasih 9. Makanya kenapa agak lama preparasinya karena ada penggalian utilitas kota. Kedua, setelah baik, kita mengganti Jalan Cenderawasih 1 sampai 9, menjadi Opu Daeng Risadju 1 sampai 9," kata Danny dalam sambutannya.

Diketahui, perubahan nama Jalan Cenderawasih ini digaungkan Danny Pomanto saat menghadiri Pelantikan, Rapat Kerja, dan Dialog Nasional Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Sulsel di Hotel Claro, Sabtu (17/12/2022) lalu.

Nama Opu Daeng Risadju dianggap sebagai pahlawan yang wajib diabadikan di Makassar sebagai ibu kota Provinsi Sulsel. Perubahan nama jalan itu dilakukan setelah disetujui DPRD Kota Makassar.

"Saya mengusulkan, ini usulan karena di situ ada Jalan Andi Mappanyukki, di sini (dekatnya) ada Jalan Cendrawasih. Barangkali Jalan Cendrawasih itu sebaiknya kita ganti nama orang dan saya kira sejajar dengan pahalanya (pahlawan) nasional di situ," ujar Danny.

Sementara itu, Camat Mamajang M. Ari Fadli, S.STP mengatakan dirinya bersama beberapa OPD dan camat hadir menyaksikan langsung peresmian perubahan nama Jalan Cendrawasih menjadi Jalan Opu Daeng Risadju. (*)

Tidak ada komentar