Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Perumda Tirta Jeneberang Gowa Gelar Pelatihan Peningkatan Tehnik Pengelolaan Air Bersih

GOWA, SUARATIPIKOR.COM - Pada pemberitaan sebelumnya tidak di pungkiri memang debit  produksi air bersih Perumda Tirta Jeneberang mengalami ...


GOWA, SUARATIPIKOR.COM - Pada pemberitaan sebelumnya tidak di pungkiri memang debit  produksi air bersih Perumda Tirta Jeneberang mengalami penurunan hingga 40 persen akibat volume baku di Kabupaten Gowa berkurang dan pengolahan terhambat akibat setiap hari listrik padam.

"Dua kondisi ini yang menjadi penyebab menurunnya kapasitas produksi Perumda Tirta Jeneberang," kata Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Jeneberang, Hasanuddin Kamal di Kabupaten Gowa, baru baru ini.

Dia mengatakan, penurunan kapasitas air baku yang akan diolah menjadi air bersih merupakan kendala utama menyuplai air bersih ke pelanggan.

Menurut dia, kondisi kemarau telah menyebabkan air baku menjadi susut hingga 50 persen dari kondisi normal. Akibatnya, hal tersebut berpengaruh pada produksi air bersih yang menjadi turun hingga 50 persen.


Berkaitan dengan hal tersebut untuk dapat melayani pelanggan dilakukan dengan mendistribusikan air bersih melalui mobil truk tangki ke lokasi pemukiman yang krisis air bersih.

Dengan kondisi yang terjadi beberapa bulan terakhir ini, jajaran Direksi PDAM Gowa menggelar Pelatihan Tehnik Pengelolaan Air bersih untuk Operator, serta Laboratorium Perumda Air Mimum Tirta Jeneberang.

Pelatihan ini digelar dengan tujuan meningkatkan kualitas yang lebih baik lagi yang di terapkan sebelum selumnya, untuk pendistribusian yang lebih berkualitas.

Abdul Malik, :salah seorang petinggi PDAM Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa, ketika di hubungi Via Whast App baru-baru ini memberikan keterangan terkait pelatihan di Grand Maleo dari tanggal 1 - 3 November 2023.

Malik mengatakan, narasumber dari pelatihan ini dari salah satu mitranya yakni PT. Traya 

Pengelolah Air Bersih yang kerjasama dengan Perumda Kota Makassar & PT. Jasuka Bangun Nindo perusahaan dari Bandung yang mempunyai keahlian membangun Instalasi Pengelolan Air (IPA).

"Dengan adanya pelatihan-pelatihan yang berjalan selama ini kami bisa mengambil acuan untuk di terapkan di PDAM Gowa," pungkasnya. (**)

Tidak ada komentar