Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Camat Ujung Pandang Hadiri Peresmian Kapal Phinisi di Anjungan Pantai Losari

MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM -  Camat Ujung Pandang Syahrial Syamsuri, S.IP, MM ikut hadir mendampingi Wali Kota Makassar Danny Pomanto, meres...


MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM -  Camat Ujung Pandang Syahrial Syamsuri, S.IP, MM ikut hadir mendampingi Wali Kota Makassar Danny Pomanto, meresmikan dua unit kapal phinisi dekat Tugu MNEK, di Anjungan Pantai Losari, Senin (11/12/2023). 

Dua kapal ini masing-masing menelan anggaran sebesar Rp 7,99 miliar, dan Rp 4 miliar. yang dikerjakan selama delapan bulan atau 240 hari lamanya.

Menurut Walikota Makassar, Danny Pomanto, peresmian dua unit kapal phinisi yang diberi nama Adama dan Tungguma menjadi sejarah atas perjuangannya bersama Fatmawati Rusdi.

“Kita ingin sejarah saya dan Bu Fatma tetap ada meskipun saya dan Bu Fatma sudah berhenti, tapi sejarah tetap sejarah,” ujarnya

“Adama dan Tungguma itu bagian dari perjuangan dari masyarakat Makassar yang menunggu dari kotak kosong dan akhirnya Adama datang dan akhirnya bisa begini (dibuat phinisi di pusat kota) kalau tidak menang mana bisa kita bikin begini, waktu menunggu di kotak kosong itu kan perjuangan, kemudian Adama mengisi perjuangan itu,” sambung Danny.

Menurut Danny, pembuatan kapal ini paket lengkap dengan seluruh budaya, ritual, dan tradisi yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Bulukumba

Bukan hanya kapal phinisi, Pemkot juga menghadirkan rumah adat Toraja, Tongkonan di area tersebut. Sehingga bisa menjadi wisata sejarah dan edukasi kepada seluruh masyarakat Sulsel, pelajar hingga para wisatawan, serta turut membesarkan nama, Bugis, Makassar dan Toraja. (**)

Tidak ada komentar