Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Penelitian Pemetaan Kompetensi Lokal Tata Kelola Danau Tempe digelar

SUARATIPIKOR.COM,WAJO - Pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan oleh Prof Dr. Haedar Akib, M Si dkk ( Guru Besar Universitas Negeri Maka...


SUARATIPIKOR.COM,WAJO - Pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan oleh Prof Dr. Haedar Akib, M Si dkk ( Guru Besar Universitas Negeri Makassar) tentang sharing pendapat dengan dinas terkait tentang Tata kelola Danau Tempe atau Forum Group Discussion (FGD) , Jumat 12 Juli 2019 di ruang Rapat pimpinan Kantor Bupati Wajo.
Dengan judul Pemetaan kompetensi lokal dalam Tata kelola Danau Tempe sebagai destinasi Pariwisata terintegrasi, berbasis Public enterpreneurship di Sulawesi Selatan.

Hadir dalam undangan hari ini Bupati Wajo, Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, Kepala BPS Kabupaten Wajo, Kepala Bappeda Kabupaten Wajo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wajo, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Wajo, Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Wajo, Kepala Dinas tanaman pangan hortikultura dan peternakan Kabupaten Wajo, kepala Dinas PSDA Kabupaten Wajo, Staf ahli bidang ekonomi keuangan dan pembangunan Kabupaten Wajo, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Wajo dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Wajo.

Dalam sambutan penerimaan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos.,M.Si mengharapkan bagaimana bisa berkontribusi mengembangkan Danau Tempe untuk menjadikan destinasi wisata bagi Kabupaten Wajo, termasuk mengembalikan kejayaan Perikanan yang ada di Danau Tempe juga burung-burung dari Australia yang pernah singgah di sana.

Program prioritas yang lain, dengan mendesain Danau Tempe menjadi Pariwisata kuliner, menjadi pariwisata religi dan meminta untuk menambah ketinggian pulau-pulau buatan yang berada di sekitar Danau Tempe yang berjumlah 3 buah pulau tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin A, S.Sos.,MM yang memandu langsung acara ini memberikan kesempatan kepada masing masing Dinas terkait untuk memberikan pemaparan tentang potensi Danau Tempe yang dikaitkan dengan bidang tugas dari Dinas masing masing.

Salah satunya Dinas Pariwisata yang memaparkan tentang Budaya Macera Tappareng serta tradisi yang berhubungan dengan nilai budaya lokal masyarakat Kabupaten Wajo, memaparkan masakan khas atau kuliner khasnya serta membahas sampai ke Fesifal Danau Tempe yang bisa jadi event tingkat nasional nantinya.

Sementara dari Dinas Perdagangan yang memberikan dari sudut pandang yang berbeda , dengan membahas enceng gondoknya yang selalu menjadi permasalahan ketika musim banjir, dan mempertanyakan bagaimana enceng gondok tersebut bisa di fungsikan untuk menambah pendapatan bagi masyarakat yang ada di sekitar Danau Tempe tersebut.

Selanjutnya dari Dinas yang terkait yang memang diundang dalam membahas Tata kelola Danau Tempe pada hari ini, dari Prof. Dr. Haedar Akib memberikan beberapa sharing pendapat salah satunya adalah Pemeliharaan, Petik, olah dan Jual juga menyampaikan kalau kegiatan ini merupakan data awal yang disampaikan oleh para Kepala Dinas terkait, sehingga nantinya akan ada tulisan tulisan serta eksprimen terkait Danau Tempe kedepannya.

Diakhir acara Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo menyampaikan ucapan terima kasih kepada OPD yang hadir dan ikut membahas dengan menggali potensi Danau Tempe di Kabupaten Wajo, dalam rangka pengembangan pariwisata di Kabupaten Wajo nantinya dan bagaimana kolaborasi dengan stakeholder terkait enterpreneurship.

Penulis : Humas Pemkab Wajo,
Editor : Andi Aswin Maramat.

Tidak ada komentar