Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai Ikuti Benchmark ke Bali

BALI, Suaratipikor.com -  Dalam rangka pengembangan Desa wisata dan optimalisasi bumdes, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai...


BALI, Suaratipikor.com -  Dalam rangka pengembangan Desa wisata dan optimalisasi bumdes, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai mengikuti benchmark ke Bali.

Kegiatan ini diinisiasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Perwakilan Sulampua. Kegiatan ini juga diikuti oleh Biro Ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan, Bank Sulselbar, Bank Indonesia, Kadis PMD Provinsi Sulsel, Kadis Pariwisata Sulsel, Asisten II Setprov Sulsel, Asisten II Setdakab Sinjai, Sekretaris Dinas Pariwisata dan kebudayaan Sinjai, Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Sinjai,  Kabag Ekonomi Setdakab Sinjai, Pemerintah Kabupaten Maros dan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara.

Acara penerimaan berlangsung Sabtu 30 Agustus 2019 di Aula Pemprov Bali dan diterima oleh Asisten II Setprov Bali. 

Asisten II yang mewakili Sekda Provinsi Bali I Dewa Putu Sunarta menyampaikan terima kasih atas kunjungannya dalam rangka benchmark ke Desa Wisata di Bali. 

"Sejak 2013 Pemprov Bali telah mencanangkan Program 100 Desa  Wisata. Keterlibatan Bumdes yang bersinergi dengan Desa Adat telah menjadikan Desa wisata tersebut mampu berkontribusi bagi pemberdayaan masyarakat", Jelasnya. 

Setelah penerimaan dilanjutkan dengan kunjungan ke Desa Wisata Penglipuran di Kabupaten Bangli. Penglipuran merupakan Desa terbersih di dunia dan telah mampu menghasilkan pendapatan sebesar Rp. 2 Milyar dari pengelolaan desa wisata tersebut.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai, Andi Mangatakan Kabupaten Sinjai yang saat ini sedang giat-giatnya mengelola desa wisata ke depannya, sangat optimis mampu menjadikan sektor pariwisata menjadi salah satu sumber pendapatan utama daerah ini. Terdapat beberapa Desa yang saat ini sangat berpotensi antara lain Desa Bonto Tengnga, Desa Tongke-Tongke, Desa Pulau Persatuan dan Desa Barania. 

Diharapkan kepala desa yang lain juga bisa lebih berinovasi untuk menjadikan desanya sebagai desa wisata yang akan berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat. (*)


Laporan : M.Rasyid,
Editor : Andi Aswin Maramat.

Tidak ada komentar