Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Hari Koperasi Ke-72 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Berlangsung di Lokasi Kawasan Wisata Pantai Bira

BULUKUMBA, Suaratipikor.com -  Pelaksanaan acara puncak Hari Koperasi Ke-72 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan berlangsung di lokasi kawa...


BULUKUMBA, Suaratipikor.com - 
Pelaksanaan acara puncak Hari Koperasi Ke-72 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan berlangsung di lokasi kawasan wisata pantai Bira Kabupaten Bulukumba, (25/08). Kegiatan ini mengangkat tema Reformasi total koperasi di era revolusi industri 4.0.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Drs. Akbar M.Si mewakili Bupati, Ketua DPRD, Abd. Haris Umar,  Kadis Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai H. Firdaus. Hadir juga pada kegiatan tersebut, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Prof Ruli Indrawan, Asisten Deputi Kelembagaan Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM, Sekretaris Daerah Propinsi Sulawesi Selatan,  para Bupati/Walikota, Kepala Dinas Koperasi se-Sulsel, Ketua dan Pengurus Dekopin Sulsel, Ketua Dekopinda se-Sulsel.

Bupati Bulukumba A.M. Sukri A. Sappewali sebagai tuan rumah dalam sambutannya mengharapkan agar koperasi kedepan tetap menjadi Soko guru perekonomian didaerah di era revolusi industri 4.0.

Sementara itu, Ketua Harian Dekopin Pusat Agus Sujatmoko mengharapkan agar dengan adanya modal teknologi dan inteletual di revalusi industri 4.0, maka koperasi harus beradaptasi dan mereformasi menjadi koperasi yang revolusioner,  dan berkembang menangkap setiap peluang yang ada, sehingga menjadi semacam model perusahaan yang profesional.

Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Abdul Hayat, M.Si meyampaikan untuk memajukan koperasi harus meningkatkan SDM dengan daya dukung yang kuat, investasi harus kuat, birokrasi tidak bertele-tele dan dengan dukungan pemerintah yang besar Koperasi diharapkan dapat beradaptasi dengan Meningkatan SDM dengan tujuan mendukung penurunan kemiskinan, sebagai tujuan nasional.

Sekretaris Kementerian Koperasi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Revolusi industri 4.0 adalah sebuah fase  perubahan perilaku dalam kemajuan teknologi yang begitu cepat, koperasi bereformasi dan harus berubah dan beradaptasi tanpa meninggalkan nilai dasar koperasi yaitu kerjasama dan gotong royong karena merupakan kesepakatan moral dalam kehidupan ekonomi bangsa, agar koperasi tetap dapat berdiri tegak, ber reorientasi, berkembang dan profesional.

Dalam ajang kali ini Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Sinjai turut mengikuti pameran dengan menampilkan produk kerajinan lokal binaan Dinas Koperasi serta produk makanan dan minuman olahan khas Sinjai.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai H. Firdaus, bahwa ini merupakan momen yg sangat penting, baik sebagai ajang silaturahmi pelaku koperasi, juga sebagai tempat untuk mempromosikan produk-produk UKM dan tempat studi dalam rangka pengembangan produk koperasi dan UKM kedepannya dalam rangka menghadapi reformasi total di era revolusi industri 4.0. Jelasnya. 

Pameran tersebut diikuti oleh seluruh Dinas Koperasi dan UKM Se-Provinsi Sulawesi Selatan sebagai-bagian dari rangkaian hari koperasi ke-72 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam acara puncak tersebut juga diberikan penghargaan kepada para tokoh koperasi dan koperasi berprestasi Se-Sulsel.

Khusus Sinjai Koperasi yang menerima penghargaan adalah KPRI (Koperasi Pegawai Republik Indonesia) Bina Sejahtera SMK Negeri 1 Sinjai, sebagai Koperasi berprestasi tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. (*)

Laporan : M.Rasyid, 
Editor : Andi Aswin Maramat.

Tidak ada komentar