KPU Gowa Gandeng TNI-POLRI Gelar Simulasi Pemungutan Suara Sesuai Protokol Kesehatan

Dilihat 0 kali 9/22/2020



GOWA - Untuk memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat atau calon pemilih yang akan  menggunakan hak suaranya pada Pilkada serentak tahun 2020, pihak KPU, kepolisian Polres Gowa dan Bawaslu menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Dalam simulasi yang digelar di pelataran museum balla lompoa pada Selasa sore (22/09/2030) tersebut dilakukan semirip mungkin dengan kondisi yang sebenarnya. 

Perbedaan yang ada dikarenakan  pada pelaksanaan pemungutan suara di TPS kali ini di tengah pandemi Covid 19 dan dalam pelaksanaan simulasi sore tadi seluruh proses pemungutan suara dilakukan sesuai  protokol kesehatan.

Dalam simulasi tersebut seluruh penyelenggara Pilkada maupun calon pemilih wajib menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker mencuci tangan jaga jarak hingga menggunakan sarung tangan, ungkap Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola saat dikonfirmasi di tengah pelaksanaan simulasi.

Dari hasil simulasi didapatkan tata cara atau tahapan yang wajib diikuti calon pemilih saat melakukan pencoblosan di TPS di antaranya : 

a. Calon pemilih terlebih dahulu mencuci tangan sebelum masuk ke TPS.
b. Melakukan pengecekan suhu tubuh dan apabila suhu tubuh calon pemilih dinyatakan normal selanjutnya diarahkan menuju ke KPPS 4 dan 5 untuk melakukan registrasi C6 atau menyerahkan surat pemberitahuan.
c. Pemilih dipersilahkan duduk di tempat antrian untuk menunggu panggilan.
d. Pemilih menuju kemeja KPPS 1 untuk mengambil surat suara (saat dipanggil).
e. pemilih langsung menuju ke bilik suara untuk melakukan pencoblosan.
f. usai pencoblosan selanjutnya pemilih menuju ke KPPS 6 untuk memasukkan surat suara ke kotak suara.
g. Selanjutnya pemilih menuju ke meja KPPS 7 untuk diberi tanda dengan meneteskan tinta pada jari kelingking.

Terhadap pemilih yang dinyatakan memiliki suhu tubuh di atas 37°c diarahkan keluar menuju pintu dan bilik khusus.

Dengan dilakukannya simulasi ini diharapkan seluruh masyarakat kabupaten Gowa dapat mengetahui  tata cara pemungutan suara yang benar di tengah pandemi Covid-19 dan berharap, warga Kab Gowa dapat menggunakan hak pilih sebaik baiknya, ungkap Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola. (Adi)
Editor: A2W.

Suaratipikor.com adalah sebuah situs berita yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru, yang mencakup politik, pendidikan, kriminal dalam dan luar negeri.

Related Posts

Previous
Next Post »