Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Prajurit Pamtas Yonif 403/WP Menjadi Guru Penggerak di Wilayah Perbatasan

KEEROM - Salah satu tujuan Nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana yang tertuang di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 194...



KEEROM - Salah satu tujuan Nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana yang tertuang di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, oleh karena itu kesadaran dan kepedulian akan pentingnya meningkatkan kualitas dunia pendidikan menjadi kewajiban bagi setiap orang, Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 403/Wirasada Pratista turut serta membantu sebagai tenaga penggerak pengajar di Sekolah Dasar Negeri 1 Senggi.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si dalam release tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Jumat, (2/4/2021).

Dansatgas menjelaskan bahwa pendidikan merupakan salah satu Hak Asasi Manusia yang seharusnya dapat dinikmati oleh setiap Warga Negara Indonesia, tanpa kecuali. Atas pandangan dan keinginan yang sama untuk mencapai tujuan tersebut, personel Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista dari Pos Kotis Serda Aldi dan beberapa personel lainnya turut membantu menghidupkan bahkan menggerakan kembali nilai-nilai juang tenaga pendidik, sebagai tenaga pengajar di Sekolah Dasar Negeri 1 Senggi, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

"Tujuannya adalah turut serta dalam mencerdaskan anak-anak generasi bangsa, disamping itu juga sebagai salah satu upaya membantu kekurangan tenaga pengajar atau guru yang masih menjadi kendala bagi sekolah-sekolah yang berada di perbatasan RI-PNG," ujar ade.

Selanjutnya dikatakan bahwa Prajurit Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista sudah dibekali keterampilan sebagai tenaga pendidik yaitu sebagai pengajar, sehingga keterampilan tersebut dapat diterapkan dalam proses mengajar anak-anak sekolah khususnya yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar Negeri 1 Senggi.

"Semoga kehadiran Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista dapat dirasakan manfaatnya oleh warga perbatasan, khususnya Kabupaten Keerom," imbuh Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos Kotis Kapten Inf Restu Sujoko menyampaikan bahwa Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Kotis selain tugas pokoknya menjaga dan mengamankan wilayah perbatasan, juga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di sekelilingnya, salah satunya yaitu manfaat di bidang pendidikan.

“Kami Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Kotis yang berada di Distrik Senggi Kabupaten Keerom selain tugas pokok kami menjaga dan mengamankan wilayah perbatasan, kami juga berusaha memberikan manfaat kepada masyarakat salah satunya dibidang pendidikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar Negeri 1, Johan, S.Pd (52 th) menyambut positif dan mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista yang dengan suka rela membantu mengajar di sekolahan yang dipimpinnya.

“Kami dari pihak sekolah merasa bangga dan senang juga, karena ada dari pihak aparat TNI Kotis 403 yang sudah datang bersama di Sekolah kami,” tuturnya. (*)

Pen Satgas Yonif 403/WP,
Editor: A2W

Tidak ada komentar