Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Di Desa Kunyi, Satgas TMMD 111 Polewali Mandar penyuluhan stunting

POLAMAN - Penyuluhan Stunting di Desa Kunyi, Kec.Anreapi Kab. Polman merupakan salah satu program non fisik TMMD 111 tahun 2021 yang bekerj...



POLAMAN - Penyuluhan Stunting di Desa Kunyi, Kec.Anreapi Kab. Polman merupakan salah satu program non fisik TMMD 111 tahun 2021 yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Polewali Mandar.

Dihadapan warga Desa Kunyi dan Persit, Susdwiastuti, Skm.,M.Kes menjelaskan penyebab seseorang atau keluarga menderita stunting yakni pada 1000 HPK ( Hari Pertama Kehamilan ) yang menentukan stunting atau tidaknya seorang anak.

" 1000 HPK dimana merupakan masa golden periode atau masa keemasan seorang anak karena dimulai saat ibu hamil sampai umur anak 2 tahun " ucapnya

Dijelaskan pula asupan gizi harus tercukupi untuk menentukan pertumbuhan anak dan juga menjadi ukuran kecerdasan seorang anak.

" Seorang ibu yang sedang hamil harus bisa memenuhi kebutuhan gizi anak yang masih berada dalam kandungan, karena ini juga merupakan salah salah satu faktor menjadikan anak stunting ketika kurang asupan gizi disaat dalam kandungan sampai dilahirkan dan menginjak umur 2 tahun " kata Susdwiastuti.

Selanjutnya dikatakan bahwa Stunting dapat didefinisikan sebagai kekurangan gizi kronis ( lama ), yang berarti anak stunting menderita kekurangan gizi sejak dalam kandungan yang berdampak pada pertumbuhan dan kecerdasan seorang anak.

" Seorang anak yang menderita stunting akan rentang terhadap penyakit tidak menular (ptm) seperti sakit jantung, diabetes, stroke, hipertensi dan lainnya " tutup Susdwiastuti. (AH)

Editor: A2W

Tidak ada komentar