Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

BPOM Di Makassar, Adakan Bimtek Keamanan Pangan Untuk Kader Keamanan Pangan Sekolah

PAREPARE - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Makassar mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Kader Keamanan Pangan Sekola...



PAREPARE - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Makassar mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Kader Keamanan Pangan Sekolah di Ballroom Hotel Bukit Kenari, Kota Parepare Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu 25 Agustus 2021.

Kegiatan ini turut di hadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare, Drs. Arifuddin Idris, sekaligus membuka secara resmi pembukaan Bimbingan Teknis Keamanan Pangan Sekolah.

Arifuddin Idris mengharapkan, semua Kader Keamanan Pangan Sekolah dapat mengetahui tentang makanan yang layak di konsumsi dan tidak memiliki resiko, Melakukan Intervensi terhadap sekolah-sekolah lainya secara ikhlas, sekaligus menindak lanjuti program kegiatan Bimtek dengan penuh rasa tanggungjawab. Sehingga Output yang di harapkan agar anak-anak kita dapat mengkonsumsi makanan yang layak, sesuai standar BPOM.

Kepala BPOM di Makassar, Dra. Hardaningsih, Apt., MHSM mengatakan, Bimtek bertujuan untuk membentuk Kader Keamanan Pangan Sekolah, yang dapat terjun langsung kelapangan serta memberikan pembinaan kepada komunitas - komunitas di lingkungannya.

Dalam arahanya, Kepala BPOM di Makassar ini mengharapkan, peran Kepala sekolah, Guru dan Pengelola kantin sekolah dapat menjadi penggerak dalam Implementasi keamanan pangan di sekolah. 
Mereka dapat mencetak kader keamanan pangan sekolah, sehingga mendorong kemandirian sekolah untuk melakukan pengawasan keamanan pangan pada komunitas sekolah.

Hardaningsih yang dikenal sebagai Inisiator pembawa kemajuan BBPOM di Bandung, yang baru ditugaskan sebagai Kepala BBPOM di Makassar sejak bulan Januari lalu menjelaskan, Pandemi Covid 19 telah berdampak luas di seluruh sisi kehidupan, termasuk berdampak terhadap kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Hal ini berdampak pula terhadap kegiatan kantin di sekolah, sehingga kondisi tersebut menyesuaikan program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) untuk anak usia sekolah.

Bimtek Kader Keamanan Pangan Sekolah, di ikuti oleh Dinas Pendidikan, UPTD Cabang Dinas Wil. VIII Parepare, Dinas Kesehatan, Kepala Bidang/Pengawas SD, SMP dan SMA, Puskesmas, Unsur sekolah yang masing- masing di ikuti oleh SD 43, SMPN 2 dan SMAN 3 Parepare.

Sementara materi Bimtek di bawakan langsung oleh Dra. Conita Fitriani, Apt. Meliputi, 
1. Kebijakan Keamanan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah
2. Lima Kunci Keamanan Pangan Memilih Pangan
3. Tips mencegah Covid 19
4. Peran Kader Keamanan Sekolah, dalam intervensi keamanan PJAS

Selain menerima materi, Kader Keamanan Pangan Sekolah juga antusias dalam pengisian Post Test Kuesioner Kepuasan Pelanggan, Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Di akhir acara, pihak BPOM di Makassar berpesan agar seluruh Kader Keamanan Pangan Sekolah sebagai perpanjangan tangan BPOM, dapat memasukkan  program ini lebih intens dalam program mereka. Juga diminta untuk membuat Tim Keamanan Pangan, sehingga dapat memenuhi persyaratan sebagai sekolah dengan Pangan Jajanan Anak Sekolah (A2).

Editor: A2W

Tidak ada komentar