Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lombok Timur Menghimbau Warga Lotim Siaga Hadapi Bencana

LOMBOK TIMUR, NTB - Untuk mengantisipasi terjadinya bencana BPBD Lombok Timur melalui Kabid  Kedaruratan Dan Logistik Menghimbau untuk lebi...



LOMBOK TIMUR, NTB - Untuk mengantisipasi terjadinya bencana BPBD Lombok Timur melalui Kabid  Kedaruratan Dan Logistik Menghimbau untuk lebih waspada akan terjadinya bencana disaat musim penghujan tahun ini disaat terjadinya bencana Masyarakat kadang kadang abai dengan keselamatan disaat munculnya bencana Kepala Bidang Kedaruratan Dan Logistik BPBD Lombok Timur, Iwan Setiawan SKM mengatakan masih kurang nya kewaspadaan dan perlindungan diri terhadap pribadi masyarakat terhadap bencana yang akan terjadi.

Iwan Setiawan juga menyampaikan "kondisi disaat musim penghujan dan angin yang sangat kencang sehingga mengakibatkan cuaca ekstrem yang sering terjadi disaat ini untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap situasi alam saat ini".

Dalam hal situasi disaat ini kadang-kadang masyarakat abai dan menganggap cuaca yang biasa saja dan meremehkan kondisi cuaca yang terjadi padahal, hujan besar yang terjadi di bagian hulu hal ini dapat menimbulkan banjir dan kiriman sampah yang kita tidak duga.

"Disinilah pentingnya sebuah kewaspadaan bagi masyarakat yang bermukim di pesisir pantai agar lebih mewaspadai perubahan gelombang Kewaspadaan terhadap gelombang pasang yang bisa saja terjadi sesungguhnya merupakan langkah awal penyelamatan secara dini,"tuturnya.

Demikian halnya dengan masyarakat yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai. Melihat intensitas hujan yang turun belakangan ini dapat membuat air sungai meluap dalam situasi seperti itu Masyarakat perlu ambil inisiatif penyelamatan dini sendiri. Dan penduduk yang bermukim di daerah perbukitan, pegunungan  agar senantiasa mewaspadai pergerakan tanah tempat bangunannya berdiri.

"Tentu saja tidak hanya warga di desa yang harus waspada, tetapi penduduk di daerah perkotaan juga harus mewaspadai pohon tumbang dan lainnya. Kalau sejak awal kita lebih mewaspadai perubahan cuaca, maka Insya Allah korban akibat bencana bisa ditekan, walaupun memang tidak kita harapkan,’’ ucapnya.

Dalam situasi ini Pemkab Lotim sendiri telah menyiapkan dana tanggap bencana terhadap berbagai kemungkinan bencanao alam yang timbul. Personel BPBD, berikut taruna siaga bencana (Tagana), TNI dan Polri serta semua elemen akan terus berkolaborasi untuk pencegahan dan penanggulangan bencana.(Win)

Editor: A2W

Tidak ada komentar