Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional Babinsa Koramil-06 Kodim 1404/Pinrang hadiri acara Mappalili

Kabupaten Pinrang sebagai salah satu daerah lumbung pangan di Sulawesi-selatan memiliki budaya yang masih terjaga kelestariannya. Salah satu...



Kabupaten Pinrang sebagai salah satu daerah lumbung pangan di Sulawesi-selatan memiliki budaya yang masih terjaga kelestariannya. Salah satu diantaranya adalah Mappalili, sebuah acara adat-istiadat yang dilakukan oleh masyarakat sebagai ritual sebelum para petani turun ke sawah menanam padi.

Seperti contohnya, warga bersama Pemerintah melaksanakan acara Mappalili di Dusun Kallang Desa Kaliang Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang yang dihadiri oleh Babinsa Koramil-06 Kodim 1404/Pinrang Serka Pudding, Bhabinkamtibmas Bripka Nono Rusanto dan Kepala Desa H. Andi Muh. Amin S. Sos, (08/06/2023).

Dalam acara Mappalili tersebut, masyarakat berkumpul di satu tempat di areal persawahan untuk memulai membajak sawah dan dihadirkan sejumlah makanan khas masyarakat Bugis dilanjutkan dengan doa bersama.

“Kegiatan acara Mappalili dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang telah diberikan, serta do’a bersama semoga diberikan kemudahan dan keselamatan dalam membajak sawah sampai panen”, ujar Babinsa Serka Pudding.

Lebih lanjut Serka Pudding menyampaikan kepada masyarakat bahwa Babinsa akan terus dan takkan pernah lelah melakukan pendampingan kepada para petani, agar hasil panen meningkat. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Pinrang dalam mensukseskan Ketahanan Pangan Nasional.

Tidak ada komentar