Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Jelang HUT RI Ke-78, Koramil 1801-01/Manokwari Bersama Gerakan Merah Putih Bersihkan dan Pasang Bendera Di Tugu Pepera

Sebagai wujud penghargaan atas perjuangan para Pahlawan Nasional asal Papua termasuk tokoh pejuang, Koramil 1801-01/Manokwari bersama anggot...



Sebagai wujud penghargaan atas perjuangan para Pahlawan Nasional asal Papua termasuk tokoh pejuang, Koramil 1801-01/Manokwari bersama anggota Gerakan Merah Putih Manokwari melaksanakan aksi pembersihan dan pemasangan bendera Merah Putih di Monumen Tugu Pepera Manokwari, Provinsi Papua Barat, Selasa (15/08/2023)

Monumen Tugu Pepera (Penentuan Pendapat Rakyat) yang terletak di halaman Ex. Kantor Gubernur Papua Barat bersebelahan dengan Taman Sepatu yang juga sebagai titik Nol Kilo Meter Kota Manokwari, tepatnya di Jl. Siliwangi Kelurahan Manokwari Timur Distrik Manokwari Barat, monumen ini dibangun untuk peringatan kemenangan Rakyat Indonesia didalam Pepera di daerah Irian Barat atau tanah Papua saat ini dan diresmikan oleh Presiden kedua RI Soeharto pada tanggal 18 September 1969.

Saat dikonfirmasi, Danramil 1801-01/Manokwari Mayor Inf D, Mendrofa menyampaikan bahwa peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dalam setiap tahunnya selalu diperingati secara meriah oleh seluruh elemen masyarakat Manokwari, hal tersebut tentunya merupakan bukti kesadaran bahwa negara kita merdeka atas perjuangan panjang para pahlawan kusuma bangsa.

"Makna keberadaan Tugu Pepera ini merupakan saksi bisu dan simbol perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan dan mengusir penjajah dari ibu pertiwi, khususnya dari tanah Papua, di dalamnya tertuang Naskah Hasil Sidang Pepera pada tanggal 29 Juli 1969 yang di tandatangani oleh 75 anggota Dewan Musyawarah Pepera Irian Barat, keberadaan monumen ini harus tetap dirawat, dijaga dan pelihara agar tetap kokoh berdiri diatas Tanah Papua." ungkapnya

Tidak ada komentar